Catat! Ini Deretan Saham Yang Meroket Dalam Sepekan

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
31 August 2019 15:21
Indeks Harga Saham Gabungan sepanjang pekan berhasil mencatatkan penguatan 4 hari beruntun
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan sepanjang pekan berhasil mencatatkan penguatan 4 hari beruntun, sehingga total kenaikan yang dibukukan mencapai 1,16% ke level 6.328,47 poin yang merupakan level tertinggi sejak 5 Agustus silam.

Alhasil IHSG mampu menduduki tahta runner-up di kawasan Benua Kuning, di mana posisi jawara dicatatkan oleh indeks Sensex dengan penguatan 1,72%.

Bursa saham acuan Tanah Air menguat seiring dengan kembali munculnya harapan damai dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China. Terlebih lagi Negeri Tiongkok menunjukkan niatnya untuk menyelesaikan sengketa dagang dengan AS dan menentang ekskalasi lebih lanjut.




Lebih lanjut, meskipun dalam pekan ini IHSG hanya menguat 1,16% masih terdapat beberapa emiten yang terus melaju, bahkan ada yang mencatatkan imbal hasil hampir dua kali lipat.

1. PT Pelangi Indah Canindo Tbk (PICO)
Emiten wadah logam dan kaleng, PT Pelangi Indah Canindo Tbk (PICO) kembali memimpin dalam klasemen top gainers dengan mencatatkan penguatan 89,31%, dari Rp 1.590/saham menjadi Rp 3.010/saham.

Pada pekan terakhir bulan Juli, PICO juga menduduki posisi jawara dengan menguat 133,06%. Namun karena lonjakan yang terlampau tinggi, Bursa Efek Indonesia (BEI) bahkan menghentikan sementara perdagangan saham PICO (suspensi) di pasar tunai dan reguler. Saham perusahaan baru dapat diperdagangkan kembali pada 31 Juli 2019.

2. PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV)
Harga saham PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) melesat 43,12% menjadi Rp 312/saham, di mana pengutan ini membuat perusahaan berhasil menduduki posisi runner up top gainers.

Besar kemungkinan emiten Grup MNC yang pada 8 Juli 2019 baru melantai di BEI diburu investor karena rilis perusahaan yang pada 27 Agustus 2019 mengumumkan telah secara resmi menyelesaikan akuisisi K-Vision dengan kepemilikan saham mencapai 60%.

3. PT FKS Multi Agro Tbk (FISH)
Saham PT FKS Multi Agro Tbk (FISH) juga masuk dalam jajaran top gainers pekan ini karena berhasil menguat 37,2% dan menutup perdagangan akhir Agustus dengan harga Rp 3.430/saham.

FISH adalah emiten jasa perdagangan produk perkebunan dan perikanan yang didirkan pada Juni 1992. Sepanjang kuartal pertama 2019, perusahaan berhasil mengantongi laba bersih Rp 3,61 triliun.

4. PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL)
PT Pollux Properti Indonesia Tbk (POLL) merupakan perusahaan pengembang properti yang fokus pada pembangunan proyek hunian mewah. Sepanjang pekan ini, harga saham POLL menguat 36,88%, dari Rp 4.000/saham menjadi Rp 5.475/saham.

5. PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL)
Sepanjang pekan ini, harga saham PT Dwi Guna Laksana (DWGL) naik 36% ke level Rp 272/unit, di mana total nilai transaksi yang tercatat mencapai Rp 11,09 miliar.

DWGL berdiri pada tahun 1986 dan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara. Perusahaan mulai terdaftar di BEI pada 30 November 2017.

TIM RISET CNBC INDONESIA

[Gambas:Video CNBC]


(dwa)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading