7 Emiten Likuid Ini Sahamnya Melesat, Sinyal IHSG Melaju?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
27 August 2019 12:58
7 Emiten Likuid Ini Sahamnya Melesat, Sinyal IHSG Melaju?
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak tujuh saham penghuni Indeks IDX30 pada perdagangan sesi I, Selasa ini (27/8/2019) melesat lebih dari 2%. Saham-saham ini punya bobot yang cukup besar untuk menopang kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Ketujuh saham tersebut yaitu PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) yang sahamnya naik 8,88% ke level Rp 1.665/saham, PT Barito Pacific Tbk (BRTP) naik 6,9% ke level Rp 775/saham, lalu saham PT Unilever Indonesia Tbk naik 3,49% jadi Rp 47.475/saham.

Lainnya yakni saham PT United Tractor Tbk (UNTR) naik 2,36% ke level Rp 20.600/saham, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) yang sahamnya naik 2,35% jadi Rp 1.960/saham.


Berikutnya ada saham PT PP (Persero) Tbk (PTPP) naik 2,15% ke level Rp 1.900/saham. Demikian pula saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) naik 2,08% ke level harga Rp 12.250/saham.

Tujuh saham ini adalah konstituen Indeks IDX30. Indeks ini mengukur performa harga dari 30 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.


Pada perdagangan sesi I, IHSG melesat 0,74% ke level 6.260,61 poin. Penguatan IHSG tersebut di dorong oleh meredanya tensi dagang Amerika Serikat (AS)-China.

Berbicara di hadapan reporter di sela-sela pertemuan dengan para pimpinan negara-negara Group of Seven (G-7) di Prancis, Presiden AS Donald Trump menyebut bahwa kedua negara akan mulai berbincang dengan sangat serius.

"China menelepon delegasi tingkat tinggi kami di bidang perdagangan tadi malam dan mengatakan 'mari kembali ke meja perundingan' sehingga kami akan melakukannya dan saya rasa mereka ingin melakukan sesuatu," kata Trump, dilansir dari CNBC International.

"Mereka [China] telah sangat tersakiti namun mereka sadar bahwa inilah langkah yang tepat untuk dilakukan dan saya memiliki rasa hormat yang besar untuk itu. Ini adalah perkembangan yang sangat positif untuk dunia," kata Trump.

Komentar dari Trump tersebut datang setelah sebelumnya Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin sudah mendinginkan suasana terlebih dahulu. Mnuchin memberi sinyal bahwa AS masih sangat terbuka untuk meneken kesepakatan dagang dengan China, asalkan kesepakatannya merupakan kesepakatan yang adil dan berimbang.

"Jika China setuju terhadap sebuah hubungan yang adil dan berimbang, kami akan menandatangani kesepakatan (dagang) itu dalam sekejap," kata Mnuchin, dilansir dari CNBC International.


(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading