BI Bikin Kejutan, Bisakah IHSG Bangkit Hari Ini?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
23 August 2019 08:33
BI Bikin Kejutan, Bisakah IHSG Bangkit Hari Ini?
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan masih akan bergerak melemah, namun ada potensi terjadinya technical rebound. Sentimen penurunan suku bunga masih belum membantu mengangkat kinerja indeks.

Panin Sekuritas menyebutkan sentimen suku bunga tidak mampu menolong IHSG. Walaupun sempat menguat sesaat, namun net sell investor asing masih kuat menekan IHSG sehingga tidak ada saham yang terimbas sentimen pemangkasan suku bunga kemarin.

Namun pada perdagangan kemarin IHSG membentuk pola hammer sehingga terindikasi akan terjadinya technical rebound.

Namun, Artha Sekuritas menyebutkan sentimen global terutama dari indikasi resesi di Amerika Serikat dan kelanjutan perang dagang, Secara teknikal candlestick ditutup dibawah moving average mengindikasikan pergerakan akan cenderung mengalami pelemahan.


Pilarmas Investindo Sekuritas menilai BI kali ini cukup agresif dan berada di luar ekspektasi. BI akhirnya memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan 25 bps ke level 5,50% di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Kebijakan tersebut konsisten dengan rendahnya perkiraan inflasi di bawah titik tengah, tetap menariknya imbal hasil aset keuangan domestik sehingga mendukung stabilitas eksternal, serta langkah pre-emptive untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari dampak perlambatan ekonomi global.

Sekuritas ini menilai angkah tersebut cukup hawkish, melihat BI lebih dulu bergerak sebelum Fed memutuskan kebijakan suku bunganya. Menurut BI, langkah tersebut dinilai dilakukan untuk mendukung stabilitas eksternal serta langkah preventif untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

Hari ini IHSG diperkirakan akan bergerak di kisaran support 6.183 poin dan resisten di 6.293 poin. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading