Duh! Kurs Yuan Melemah Lagi Lawan Rupiah untuk Hari Keempat

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
21 August 2019 19:04
Dengan demikian dalam empat hari perdagangan terakhir, yuan sudah melemah sebanyak tiga kali.
Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang yuan China kembali melemah melawan rupiah pada perdagangan Rabu (21/8/19) setelah berakhir stagnan pada Selasa kemarin. Dengan demikian dalam empat hari perdagangan terakhir, yuan sudah melemah sebanyak tiga kali.

Yuan pada perdagangan hari ini melemah 0,21% ke level Rp 2.014,52 pada pukul 17:50 WIB di pasar spot, melansir data Refinitiv. Mata uang yang juga disebut renminbi ini kembali mendekati level terlemah dua tahun Rp 2.007 yang dicapai pada 7 Agustus lalu.




Pelemahan yuan melawan rupiah sebenarnya bukan kabar bagus, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (13/8/19) pekan lalu bahkan sempat mengumpulkan jajaran menterinya membahas depresiasi nilai tukar yuan.


Nilai tukar yuan yang murah tentunya bisa memicu peningkatan permintaan impor, produk "Made in China" berpotensi membanjiri pasar Indonesia. Dalam kasus ini neraca perdagangan Indonesia menjadi pertaruhannya.

Dengan pelemahan pada hari ini, sepanjang bulan Agustus yuan melemah 1% melawan rupiah, sementara sejak awal tahun atau year-to-date yuan melemah 3,54%. Berikut tabel pergerakan yuan sepanjang bulan Agustus di pasar spot, berdasarkan data Refinitiv.



TIM RISET CNBC INDONESIA




(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading