Misteri Ibu Kota Negara, Kontraktor: September Semoga Jelas

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 August 2019 16:14
Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat mengatakan sekarang sedang mencari tahu format pemindahahan Ibu Kota Negara.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan konstruksi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tampaknya masih belum terlalu antusias menyikapi rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara.

Manajemen PT PP Tbk (PTPP) menyampaikan hingga saat ini belum ada rencana terinci terkait pemindahan Ibu Kota Negara. Direktur Utama PTPP Lukman Hidayat mengatakan pihaknya sedang mencari tahu format pemindahahan Ibu Kota Negara.


"Rencana pemindahan itu persisnya di mana, timeline seperti apa, mekanisme bagaimana. Kami sedang cari tahu walaupun ada informasi yang belum tentu benar," kata Lukman, saat konferensi pers setelah paparan publik, di Jakarta, Selasa (20/08/2019).


Lukman melanjutkan, di internal, perseroan sudah melakukan workshop terkait pemindahan Ibu Kota Negara.

"Anggarannya belum, kalau 2020 jalan, kita lihat nanti sampai Oktober seperti apa. Harapannya September sudah ada kejelasan buat kami mengambil keputusan dan sudah ada strategi. Kami masih cari informasi A1," tambah Lukman.

Beberapa hari belakangan ini beredar sebuah bahan paparan berjudul 'Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara (IKN)' beredar. Berlogo resmi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dokumen tersebut berisi desain dari Ibu Kota Negara yang baru.

Ibu Kota yang masih dirahasiakan lokasinya ini tercatat seluas 6.200 hektare. Kota ini nantinya akan menjadi simbol identitas negara.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian PUPR Endra Armawidjaja mengonfirmasi kebenaran desain tersebut. Namun apakah desain tersebut nantinya akan dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau tidak semua tergantung keputusan Presiden Jokowi sendiri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memastikan Ibu Kota Negara akan berpindah dari Jakarta ke salah satu daerah di Pulau Kalimantan. Meski demikian, Kepala Negara masih menutup rapat-rapat lokasi ibu kota baru. Belum diketahui kapan Jokowi akan mengumumkan lokasi persisnya.

Beberapa dokumen dan sumber yang diperoleh CNBC Indonesia terungkap salah satu wilayah yang siap menjadi Ibu Kota Negara baru RI adalah di daerah Samboja.

Samboja merupakan salah satu kecamatan yang terletak di wilayah pesisir Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dengan luas wilayah mencapai 1.045,90 km2.

Samboja Calon Ibu Kota RI yang Baru?
[Gambas:Video CNBC]
(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading