Habis Beli Pertagas, PGN Kaji Emisi Global Bond

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
08 August 2019 11:49
Habis Beli Pertagas, PGN Kaji Emisi Global Bond
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Perusahaan Gas Negara/PGN Tbk (PGAS) tengah berniat untuk menerbitkan surat utang dalam bentuk global bond, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dana perusahaan, apalagi pasca mengakuisisi Pertagas.

Direktur Utama PGN Gigih Prakoso menuturkan, ketertarikan perusahaan untuk menerbitkan global bond lantaran melihat BUMN lainnya seperti PLN dan Pertamina dengan tingkat bunga yang bagus.

"Iya dengan keberhasilan Pertamina dan PLN, lalu bunga bagus, jangka waktunya 10-30 tahun, sebenarnya kami ingin juga sih," ujar Gigih saat dijumpai di Jakarta, Kamis (8/8/2019).




Lebih lanjut, ia menjelaskan, waktu perusahaan mengakuisisi 51% saham Pertagas dari PT Pertamina (Persero) seluruhnya pakai dana sendiri, sebesar US$ 1,3 miliar.

Sehingga, lanjutnya, untuk menyeimbangkan keuangan perusahaan, PGN sudah mendapatkan pinjaman sebesar US$ 350 juta. Namun, pinjaman yang bersifat jangka pendek itu untuk memenuhi kebutuhan belanja modal (capital expenditures/capex) PGN di tahun ini yang mencapai sekitar US$ 500 juta.

Sehingga, memang dibutuhkan pendanaan lain yang sifatnya jangka panjang dan murah.


"Karena bridging US$ 350 juta ini kan jangka pendek dan harus diganti dengan yang lebih panjang, jadi kami gunakan ini (pinjaman Bank Mandiri) untuk bridging dulu untuk keperluan capex kami yang sampai US$ 500 jutaan. Namun realisasi semester I 2019 ini masih di bawah itu," ucap Gigih.

Kendati demikian, ia menegaskan, belum ada jadwal pasti kapan perusahaan akan merealisasikan global bond tersebut. "Kami kaji dulu lah, belum tahu kapannya," pungkas Gigih.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading