Rini Akhirnya Bicara Soal Pembatalan Kontrak Garuda-Mahata

Market - Tim Detikcom, CNBC Indonesia
27 July 2019 20:02
Rini Akhirnya Bicara Soal Pembatalan Kontrak Garuda-Mahata
Mimika, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akhinya berbicara seputar pembatalan kerja sama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan PT Mahata Aero Teknologi.

Melansir detikFinance Sabtu (27/7/2091), Rini menjelaskan Garuda Indonesia diminta menyajikan kembali (restatement) laporan keuangan 2018 karena kerja sama dengan Mahata, di mana pendapatan yang masih bersifat piutang atau belum diterima Garuda Indonesia namun sudah dicatat sebagai pendapatan.

"Yang kita lihat kalau sekarang dikatakan, kenapa sih mungkin itu di-restatement, karena persoalannya secara kontrak itu kan harus menunjukkan bahwa kekuatan Mahata-nya itu mampu untuk merealisasikan kontrak itu," kata Rini ditemui di tambang Grasberg, Papua, Sabtu (27/7/2019).


Rini melanjutkan, berdasarkan penilaian regulator terkait, realisasi kontrak dari Mahata kemungkinan tidak akan tercapai. Alhasil Garuda direkomendasikan untuk membatalkan kerja sama tersebut.

Kementerian BUMN, terang Rini kemudian meminta Garuda Indonesia mengkaji kembali kerja sama dengan Mahata.

"Oleh karena itu yang kami minta dari direksi review kembali. Kalau memang, toh juga sudah di-restatement. Dengan kondisi seperti ini harus direview kembali oleh direksi. Memang kalau kelihatannya seperti yang diindikasikan oleh OJK ya kalau harus dibatalkan ya dibatalkan," tegas Rini.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading