Jokowi-Prabowo Adem, Saham Perusahaan Erick Thohir Melesat 6%

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
15 July 2019 10:16
Jokowi-Prabowo Adem, Saham Perusahaan Erick Thohir Melesat 6%
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham perusahaan milik Erick Thohir, PT Mahaka Media Tbk (ABBA) kembali menggeliat pada sesi awal perdagangan setelah terkena sentimen positif selepas penyampaian visi misi presiden RI terpilih 2019-2021 Joko Widodo (Jokowi), Minggu (14/7/2019).

Pada pukul 09:40, data perdagangan BEI mencatat saham ABBA melesat 5,63% ke level Rp 169/unit saham dengan nilai transaksi Rp 9,29 miliar dan volume perdagangan 54,56 juta saham. Untuk diketahui, Erick Thohir adalah Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Sepanjang tahun berjalan, saham Mahaka yang mengelola media Republika ini telah melesat 75%.. Selain itu, dalam beberapa bulan terakhir, saham ABBA terlihat sering menggeliat terutama saat momen-momen penting terkait pemilu.


Sebagai contoh, pada 21 Mei silam, saham ABBA juga meroket setelah terkena persepsi positif hasil rekapitulasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang memenangkan pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai peraih suara terbanyak.

Kemudian pada 27 Juni, saham perusahaan juga mendadak melesat 21% jelang penantian hasil putusan gugatan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Kali sentimen yang menyelimuti pergerakan saham ABBA adalah efek paparan garis besar visi misi Jokowi untuk lima tahun ke depan, termasuk juga ademnya hubungan antara Jokowi dan mantan rivalnya di Pilpres Prabowo Subianto.

Sejatinya tidak banyak kejutan dari arah pembangunan lima tahun ke depan. Jokowi menyampaikan pada masa jabatan kedua akan fokus pada lima hal, yaitu infrastruktur, sumber daya manusia, investasi, reformasi birokrasi, dan optimalisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Lebih lanjut, hubungan politik antara Jokowi dan Pabowo yang selama kurang lebih setahun pana kini sudah dingin.

"Saya ucapkan selamat bekerja, menjadi presiden itu mengabdi. Masalah yang dipikul besar. Kami siap membantu kalau diperlukan. Mohon maaf kalau kita mengkritisi Bapak sekali-sekali. Sudah tak ada cebong-cebong, tak ada kampret-kampret. Semuanya Merah Putih!" tegas Prabowo.

"Tidak ada lagi yang namanya 01, tidak ada lagi yang namanya 02. Tidak ada lagi yang namanya cebong, tidak ada lagi yang namanya kampret. Yang ada adalah Garuda, Garuda Pancasila. Marilah kita rajut, kita gerakkan kembali persatuan kita sebagai sebagai sebuah bangsa," begitu ucap Jokowi.

Pertemuan ini mengindikasikan demokrasi Indoesia sudah semakin matang dan sehat, sehingga memberikan kepastian pada dunia usaha.

Faktor ketidakpastian dari sisi politik sudah gugur. Investor sudah mendapat gambaran jelas arah kebijakan Jokowi dan tidak perlu cemas lagi atas potensi rusuh politik dalam negeri.

Sebagai informasi, Mahaka Media merupakan perusahaan Erick yang bergerak di industri media massa dan advertising. Pada kuartal I-2019 kinerja ABBA tak terlalu menggembirakan.

Hingga akhir Maret 2019 tercatat membukukan rugi Rp 3,18 miliar. Angka tersebut turun signifikan dari kerugian periode yang sama tahun 2018 sebesar Rp 10,7 miliar. Sepanjang kuartal I-2019, total pendapatan perusahaan naik signifikan 23,53% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 45,23 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp 36,62 miliar.

Pendapatan perusahaan mampu tumbuh karena mayoritas lini usaha ABBA meningkat pesat, Jika dirinci, penjualan majalah dan iklan majalah meroket 181,71% YoY, penjualan buku melesat 126,84% YoY, pendapatan dari penyiaran televisi naik 108,72% secara tahunan, serta event organizer tumbuh 70,01% YoY.

Makna Pertemuan Jokowi-Prabowo
[Gambas:Video CNBC]

TIM RISET CNBC INDONESIA (dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading