BI Berjuang Keras Hingga Garis Finis, Rupiah Juara Asia!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
12 July 2019 16:24
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Padahal rupiah hampir seharian terjebak di zona merah. 

Pada Jumat (12/7/2019), US$ 1 setara dengan Rp 13.999 kala penutupan pasar spot. Rupiah menguat 0,43% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya dan menyentuh titik terkuat sejak 8 Februari. 


Kala pembukaan pasar, rupiah melemah tipis 0,04%. Kemudian depresiasi rupiah semakin dalam, dan rupiah bertahan di zona merah nyaris seharian. 


Namun jelang penutupan pasar, rupiah tiba-tiba berbalik arah dengan cepat. Rupiah berhasil menyeberang ke zona hijau, bahkan penguatannya cukup meyakinkan.  

Berikut gambaran betapa nasib rupiah berubah dengan begitu cepat: 



Rupiah pun bergabung di kelompok elit mata uang Asia yang berhasil menguat terhadap dolar AS. Kelompok ini anggotanya tidak banyak, selain rupiah hanya ada yen Jepang, ringgit Malaysia, dan peso Filipina. 

Dahsyatnya lagi, rupiah jadi yang terbaik di antara yang terbaik ini. Best of the best. Ya, rupiah berhasil menjadi mata uang terkuat di Asia. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 16:07 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading