The Fed Mau Pangkas Bunga Acuan, Bursa Eropa Ditutup Menguat

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 July 2019 06:49
The Fed Mau Pangkas Bunga Acuan, Bursa Eropa Ditutup Menguat
Brussels, CNBC Indonesia - Bursa Eropa ditutup di teritori positif pada perdagangan Kamis (4/7/2019) waktu setempat. Hal itu dipicu oleh kabar penurunan suku bunga acuan yang akan dilakukan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve, akhir Juli nanti.

Indeks Pan-European Stoxx 600 mengakhiri perdagangan Kamis dengan positif. Saham sektor telekomunikasi memimpin kenaikan dengan naik hanya 0,8%, sementara saham sektor utilitas turun 0,9% pada penutupan.

Sementara di AS, Indeks Dow Jones Industrial Average dan Nasdaq Composite, keduanya menutup perdagangan Rabu di rekor tertinggi sepanjang masa. Walaupun rilis data upah swasta AS jauh di bawah proyeksi.

Mengecewakannya data ekonomi itu menambah kuat kemungkinan bahwa the Fed akan menurunkan suku bunga acuan pada pertemuan di akhir Juli nanti.

Pada Kamis (4/7/2019) bursa AS akan diliburkan karena Negeri Paman Sam merayakan ulang tahun kemerdekaannya 'Fourth of July' yang ke-243.



Sentimen positif untuk Bursa Eropa nampaknya datang dari kabar dilanjutkannya pembicaraan dagang antara AS-China. Pada Rabu, penasihat ekonomi Gedung Putih Larry Kudlow mengatakan kepada wartawan bahwa pembicaraan dagang tatap muka antara AS dan China akan berlanjut dalam seminggu mendatang.

"Saya tidak tahu kapan tepatnya. Mereka akan membahasnya di telepon. Mereka akan berbicara di telepon minggu ini dan mereka akan menjadwalkan pertemuan tatap muka," ujar Kudlow dilansir Reuters.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading