Tiba di Jepang, Ini Misi Jokowi di Pertemuan G20

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
28 June 2019 09:45
Tiba di Jepang, Ini Misi Jokowi di Pertemuan G20
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Iriana Jokowi telah tiba di Jepang dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) negara-negara anggota G20.

Kunjungan kerja kali ini akan dimanfaatkan Jokowi untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara. Tercatat ada sekitar 14 negara yang sudah mengantre untuk bertemu Jokowi.

Tiba di Jepang, Ini Misi Jokowi di Pertemuan G20Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (dok. Setkab)

Mengutip laman Sekretariat Kabinet, Jumat (28/6/2019), Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral di antaranya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In dan Presiden China Xi Jinping.


Dalam pertemuan tersebut, salah satu isu utama yang akan diangkat Jokowi adalah meminta para pemimpin dunia untuk menghadapi masalah ketidakpastian ekonomi global dengan bijaksana.

"Kami ingin mengingatkan kolega-kolega kita yang hadir, baik itu perdana menteri, presiden, dan raja di G20, terkait situasi dunia yang sekarang ini dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi isu perang dagang," kata Jokowi.

Mengutip South China Morning Post, sejumlah sumber mengungkapkan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akan menyepakati 'gencatan senjata' dalam pertemuan di Osaka, Jepang, akhir pekan ini.

Seorang sumber mengatakan bahwa keputusan Trump terkait gencatan senjata tersebut merupakan syarat dari Xi jika ingin melakukan pertemuan dengannya di sela-sela KTT G-20.

Kali terakhir Trump bertemu dengan Xi, juga terjadi di sela-sela KTT G20, yakni pada bulan Desember lalu di Argentina. Hasilnya, kedua negara menyepakati gencatan senjata selama 3 bulan.

Kedua negara sepakat tak akan mengerek bea masuk untuk importasi produk dari masing-masing negara. Gencatan senjata ini kemudian diperpanjang oleh Trump seiring dengan perkembangan negosiasi dagang yang positif.

Jokowi menginginkan seluruh pemimpin negara dapat menghadirkan solusi konkret untuk mengatasi isu yang berpotensi merembet terhadap pasokan barang secara global itu.

"Saya berharap agar negara G-20, pemimpin-pemimpinnya bisa menunjukkan kearifan dan kepemimpinan kolektif, sehingga situasi yang ada menjadi lebih baik dan pasti bagi kita semua," kata Jokowi.


Simak salah satu pertemuan G20 di Jepang.
[Gambas:Video CNBC]



(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading