PGN Jajaki Serap Gas Produksi Blok Masela

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
27 June 2019 19:21
Akan tetapi, sejauh ini PGN baru tahap menjajaki kemungkinan kerja sama untuk pemanfaatan gas Blok Masela.
Jakarta, CNBC IndonesiaPT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menilai produksi gas dari Blok Masela merupakan sumber potensial untuk menambah pasokan gas bumi agar dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

Direktur Pemasaran PGN Danny Praditya mengatakan, keberadaan Blok Masela sangat memungkinkan sebagai pondasi baru bagi penyediaan gas bumi domestik. Akan tetapi, sejauh ini PGN baru tahap menjajaki kemungkinan kerja sama untuk pemanfaatan gas Blok Masela.

"Ini baru tahap penjajakan, ke arah kerjasama masih panjang prosesnya," ujar Danny melalui keterangan resminya, Kamis (27/6/2019).

Lebih lanjut, Danny menilai, untuk sampai pada finalisasi, masih membutuhkan proses yang panjang. Sebab, PGN harus memperoleh data dan informasi detil terkait perkembangan Blok Masela terlebih dulu.


Selain itu, terdapat proses kajian yang lebih mendalam untuk proses kerjasama nantinya. Hal-hal seperti pengadaan modal, volume produksi, hingga perkiraan harga, mesti dikaji lebih terperinci.

Danny juga menjelaskan, pasokan gas dari Lapangan Abadi ini sangat potensial untuk menjaga pasokan keperluan gas domestik. Hanya saja, kata Danny perlu ada kajian keekonomian yang lebih rinci lagi.

"Ya untuk kesinambungan pasokan di domestik tentunya itu cukup signifikan ya, tinggal nanti keekonominannya seperti apa," tuturnya.

Intinya, lanjut Danny, untuk pengelolaan gas pastinya PGN akan aktif melibatkan diri.

"Apalagi dengan menyandang status sebagai Sub Holding Gas, maka peran komersialisasi dan monetisasi gas bumi, adalah tugas PGN," pungkasnya.

Ini Strategi Bisnis PGN untuk 2019
[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading