Sidang Gugatan Prabowo di MK

Pesan JK Jelang Putusan MK: Tak Perlu Ada Aksi Massa!

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 June 2019 15:54
JK berpesan tak perlu ada aksi massa saat putusan MK pada Kamis (27/6).
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak lagi melakukan aksi demo besar-besaran menjelang putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2019.

Berbicara di Istana Merdeka, Selasa (25/6/2019), JK meminta agar kejadian demo besar-besaran seperti yang terjadi di 21 - 22 Mei 2019 kemarin tak terulang dalam waktu dekat.



"Apa yang saya baca, ingin Halal Bihalal. Kalau mau halal bihalal, tentu di tempat yang pantaslah, bukan di MK. Massa halal bihalal di depan MK, itu kan enggak pantas," kata JK.

CNN Indonesia memberitakan, bahwa memang akan ada rencana kegiatan halal bihalal 212 yang rencananya digelar di depan gedung MK saat sidang putusan hasil sengketa Pilpres 2019.

Menurut JK, tak elok apabila massa menggelar aksi halal bihalal di depan gedung MK. Apalagi, jika tradisi keagamaan tersebut diwarnai dengan aksi demo besar-besaran layaknya demo 21-22 Mei 2019 yang berujung kerusuhan.

"Ya di masjid lah, ya di Istiqlal, atau di mana, atau di ruangan mana, atau di aula mana. Halal bihalal gitu kan. Tidak ada acara halal bihalal sambil demo. itu melanggar etika dan mencederai namanya halal bihalal," jelasnya.



JK menduga, massa yang akan menggelar aksi jelang putusan MK memiliki unsur politik. Halal bihalal, dianggap hanya sebagai kedok massa yang ingin menuntut suaranya di depan gedung MK.

Maka dari itu, JK mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengurungkan niat menggelar aksi di depan gedung MK. Apalagi, sudah ada imbauan khusus bagi masyarakat untuk tidak menggelar aksi.

"Saya yakin besok, lusa ini akan aman-aman saja. Lagian sudah capek semua. [saya] hanya meneruskan imbauan dari BPN [Badan Pemenangan Nasional Prabowo - Sandi] untuk tidak perlu ada aksi massa," tegas JK.


Artikel Selanjutnya

Dampak Sidang Sengketa Pemilu Bagi Pasar


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading