BRI Sediakan Uang Kertas Asing Untuk 214 Ribu Jemaah Haji

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
24 June 2019 12:07
BRI Sediakan Uang Kertas Asing Untuk 214 Ribu Jemaah Haji
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memfasilitasi Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dalam penyediaan uang kertas asing (bank notes). Jemaah dari 19 embarkasi bisa mengkonversi uang dari rupiah ke Saudi Arabian Riyal (SAR) di gerai Money Changer BRI.

Direktur Utama BRI Suprajarto menjelaskan BRI menyediakan SAR 321 juta (US$ 85,6 juta) atau setara dengan Rp 1,21 triliun untuk didistribusikan kepada jemaah haji.

"Dengan dukungan outlet BRI yang ada di setiap embarkasi dan keberadaan outlet-outlet BRI yang tersebar luas diharapkan dapat mempermudah akses para jemaah," ungkap Suprajarto dalam penandatanganan kerja sama dengan BPKH, Senin (24/6/2019).


Adapun jangka waktu penyediaan bank notes ini terhitung sejak 10 hari kalender sebelum pemberangkatan kloter pertama dan berakhir 1 hari setelah pemberangkatan kloter terakhir. Melalui gerai Money Changer BRI di 19 embarkasi, yaitu embarkasi Aceh, Medan, Padang, Batam, Palembang, Bengkulu, Lampung, Jakarta, Bekasi, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Lombok, Makasar, Gorontalo, Jambi, dan Riau, jemaah bisa menukar uang.

Jemaah haji yang memerlukan SAR pecahan kecil dapat menukar banknote SAR pecahan 1, 5, dan 10. BRI juga melayani penukaran uang dengan sistem bundling, dengan nominal Rp 500 ribu, Rp 1 juta, Rp 5 juta dan Rp 10 juta dengan kurs sesuai yang berlaku.

"Jumlahnya tahun ini bertambah jadi 214 ribu [jemaah]. [tadinya] 204 ribu ditambah 10 ribu. BPKH melakukan ini dengan mekanisme lelang mengundang 11 bank." ucap Anggito.

Penandatanganan kerja sama dilakukan antara Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto  dengan Anggota Badan Pelaksana Bidang Keuangan BPKH Acep Riana Jayaprawira disaksikan Direktur Utama Bank BRI Suprajarto dan Kepala Badan Pelaksana BPKH Anggito Abimanyu di Kantor Pusat Bank BRI di Jakarta, Senin (24/6).



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading