Sinarmas Asset Management Terbitkan DIRE Rp 10 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
21 June 2019 14:40
Sinarmas Asset Management Terbitkan DIRE Rp 10 T
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Sinarmas Asset Management menerbitkan Kontrak Investasi Kolektif Dana Investasi Real Estate (KIK-DIRE) dengan underlying saham PT Plaza Indonesia Realty Tbk (PLIN). Nilai total penerbitan instrumen investasi ini adalah Rp 10,40 triliun.

Berdasarkan informasi yang dirilis di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), total unit penyertaan untuk DIRE ini adalah sebanyak 20,80 miliar unit dengan nilai perdana per unitnya adalah sebesar Rp 500/unit.

Masa penawarannya telah dilakukan sejak 19 Juni 2019 dan akan berakhir hari ini, Jumat (21/6/2019). Distribusi kepada investor akan dilaksanakan pada 3 Juli 2019 dan instrumen ini akan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 4 Juli 2019.


DIRE dapat diartikan sebagai kumpulan dana investor yang akan diinvestasikan ke aset properti baik secara langsung dengan membeli gedung maupun tidak langsung dengan membeli saham/obligasi perusahaan properti.


Instrumen ini memiliki kewajiban untuk menginvestasikan minimal 80% dana kelolaannya ke properti di mana 50%-nya harus berbentuk aset real estate langsung.

Penerbitan DIRE di Indonesia bisa dibilang masih sepi ketimbang dengan instrumen investasi KIK jenis lainnya.

Ini merupakan DIRE ketiga yang akan dicatatkan di BEI, setelah dua sebelumnya merupakan milik PT Ciptadana Asset Management, yakni pertama DIRE berkode XCID yang dirilis pada 2012 dengan aset portofolio Solo Grand Mall dan kedua DIRE XCIS yang dirilis 29 Januari 2019 dengan aset portofolio Hotel Padjajaran Suites. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading