Di Kurs Tengah BI dan Spot, Rupiah Terlemah Sejak Akhir Mei

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
14 June 2019 10:25
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah di kurs tengah Bank Indonesia (BI). Rupiah juga tidak berdaya di hadapan dolar AS di perdagangan pasar spot. 

Pada Jumat (14/6/2019), kurs tengah BI atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor berada di Rp 14.304. Rupiah melemah 0,24% dibandingkan posisi hari sebelumnya. Ini merupakan posisi terlemah rupiah sejak 31 Mei. 

 


Sementara di pasar spot, nasib rupiah juga kurang beruntung. Pada pukul 10:10 WIB, US$ 1 setara dengan Rp 14.304 di mana rupiah melemah 0,2%. Rupiah menyentuh posisi terlemah sejak 30 Mei. 

Mengawali perdagangan pasar spot, sebenarnya rupiah masih bisa menguat 0,04%. Namun penguatan yang tipis itu habis dengan cepat dan rupiah tertahan di zona merah sampai sekarang. 


Tidak hanya rupiah, mayoritas mata uang utama Asia juga melemah di hadapan dolar AS. Hanya yen Jepang yang masih bisa bertahan di zona hijau, itu pun dengan apresiasi yang sangat terbatas. 

Namun dengan depresiasi 0,2%, rupiah menjadi mata uang terlemah di Asia. Untuk urusan melemah di hadapan dolar AS, rupiah juaranya.

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Benua Kuning pada pukul 10:10 WIB: 

 



(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading