Dari INDY hingga GJTL, Saham Apa yang Menarik Rabu Ini?

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
12 June 2019 08:25
Dari INDY hingga GJTL, Saham Apa yang Menarik Rabu Ini?
Jakarta, CNBC Indonesia - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali ditransaksikan di teritori positif sepanjang perdagangan Selasa kemarin (11/6/2019). IHSG ditutup menguat 0,26% ke level 6.305,99.

Performa IHSG senada dengan seluruh bursa saham utama kawasan Asia yang juga ditransaksikan menguat: indeks Nikkei naik 0,33%, indeks Shanghai melesat 2,58%, indeks Hang Seng naik 0,76%, indeks Straits Times juga naik 0,6%, dan indeks Kospi terkerek 0,59%.

Sejumlah katalis positif membuat IHSG kembali finis di zona hijau. Kemarin, ekspor China periode Mei 2019 diumumkan tumbuh sebesar 1,1% secara tahunan. Walaupun tipis saja, capaian pada periode Mei jauh lebih baik ketimbang April kala ekspor jatuh sebesar 2,7% secara tahunan, serta lebih baik dari konsensus yang memperkirakan penurunan 3,8%, dilansir dari Trading Economics.


Adapun untuk Rabu ini (12/6), simak saham-saham yang direkomendasikan broker sebagaimana dirangkum CNBC Indonesia sebelum perdagangan dibuka:

Pilarmas Investindo Sekuritas - Wacana Pertemuan Trump dan Xi Jinping

Ajakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk bertemu Presiden China XI Jinping akhir bulan ini dinilai masih wacana dan belum bisa menjadi jaminan ketegangan perang dagang akan berakhir.


Kementerian Luar Negeri China juga masih enggan mengomentari terkait dengan rencana pertemuan tersebut. Namun, kedua pertemuan ini masih dinantikan investor, sebab dalam perhelatan G-20 di Jepang, beberapa waktu lalu gagal menghasilkan kesepakatan untuk meredakan perang dagang dua ekonomi terbesar dunia itu.

Di tengah memanasnya isu perang dagang, Trump juga menekan bank sentral AS, The Fed untuk memangkas tingkat suku bunga, ini adalah kritik kesekian kali Trump terhadap The Fed. Secara probabilitas, sekuritas ini melihat IHSG memiliki peluang bergerak menguat, namun hati-hati karena ada potensi koreksi kecil dan IHSG akan diperdagangkan pada level 6.270 - 6.325.

Saham pilihan:
INDY
PTPP
HRTA
BMRI


Panin Sekuritas - Sentimen Peringkat Utang Berlanjut

Penguatan IHSG diperkirakan masih dikarenakan sentimen peringkat utang Indonesia dari S&P. Saat ini IHSG tengah menguji resistance (batas atas) MA60 (moving average 60 hari) untuk melanjutkan penguatan. Diperkirakan, penutupan gap masih sesekali akan terjadi, namun setelah MA60 berhasil ditembus maka IHSG sudah siap memberikan return positif kembali. Hari ini IHSG berpotensi menguat dalam kisaran 6.250 - 6.320.

Saham pilihan:
BEST
ERAA
KRAS
VOKS

Binaartha Sekuritas - IHSG Menguji Level 6.345

IHSG berhasil ditutup menguat 0,26% di level 6305.992 kemarin. Berdasarkan daily pivot dari Bloomberg, support (batas bawah) pertama maupun kedua memiliki range pada 6270.837 hingga 6235.683. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua memiliki range level 6325.573 hingga 6345.155.

Berdasarkan indikator, MACD (moving average convergence divergence) telah membentuk pola golden cross di area negatif. Meskipun demikian, terlihat bahwa Stochastic dan RSI sudah menunjukkan overbought atau jenuh beli. Di sisi lain, terlihat pola downward bar yang mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area support.

Saham pilihan:
GIAA
GJTL
PGAS
PZZA


Mega Capital Sekuritas - Pasar Menanti Penurunan Suku Bunga The Fed

IHSG akhirnya ditutup menguat 0,26% ke 6,305 dengan sektor pertambangan menguat 0,64% atau mengalami kenaikan tertinggi, sedangkan sektor aneka industri turun paling dalam 0,54%.

Sentimen dari global bersumber dari komentar Presiden AS Donald Trump mengenai perkembangan negosiasi dagang antara AS dengan China, Trump mengatakan bahwa dia tidak akan membuat kesepakatan kecuali China menyetujui empat dari lima poin utama.

Tapi, dia tidak menyebutkan lima poin yang dituntutnya. Dalam kesempatan lain, Trump mengatakan akan menerapkan tarif impor lebih tinggi jika tidak ada kemajuan dalam negosiasi dagang dengan Presiden China Xi Jinping pada pertemuan G20 akhir bulan ini. Selain itu, pasar juga berfokus pada penundaan pengenaan bea impor terhadap Meksiko dan harapan penurunan suku bunga acuan the Fed.

Saham pilihan:
TPIA
HOKI
LSIP
GJTL

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading