Seri Edukasi Teknikal

Mengenal Charles Dow dan Teorinya (2)

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
03 June 2019 20:15
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah memahami sejumlah asumsi dalam Teori Dow pada artikel sebelumnya, kali ini akan dibahas sejumlah teori Dow secara lebih spesifik.

Teori pertama terkait dengan pergerakan pasar atau biasa disebut dengan trend. Charles Dow dan Hamilton mengidentifikasi bahwa terdapat tiga jenis tren di pasar, studi tersebut mengacu pada indeks Industrial dan indeks transportasi Dow Jones pada masa itu.

Terdapat 3 jenis tren atau pergerakan yang ada di pasar, yakni pergerakan tren primer (primary movement), pergerakan tren sekunder (secondary movement), dan fluktuasi harian (daily fluctuations).



Primary Movement

Pergerakan tren primer disebut juga dengan tren utama, yang merupakan dasar dari suatu pergerakan di suatu pasar secara lebih luas maupun menyeluruh. Tren primer dapat terjadi dalam hitungan bulan maupun tahun.

Melalui serangkaian pedoman, Teori Dow dapat digunakan untuk membantu para investor dalam mengidentifikasi arah gerak pasar berdasarkan tren utama dan menjadikan pijakan dalam berinvestasi.

Di dalam tren primer, pasar biasanya bergerak naik (bull) maupun turun (bear). Arah dari tren utama memiliki kecenderungan untuk terus berlanjut hingga terdapat sinyal-sinyal yang menunjukkan adanya pembalikan pembalikan arah.

Hamilton berkeyakinan bahwa panjang maupun durasi dari tren primer sebagian besar tidak dapat ditentukan.

Banyak trader maupun investor terpaku pada target harga dan waktu tertentu. Kenyataannya, tidak ada yang tahu di mana dan kapan tren utama tersebut akan berakhir. Dengan kata lain, mencoba memprediksi panjang dan durasi tren merupakan hal yang sia - sia.

Hamilton dan Dow lebih tertarik menangkap gerakan-gerakan besar yang ada di pasar melalui tren primer. Sukses, menurut Hamilton dan Dow diukur dari kemampuan untuk mengidentifikasi tren primer dan tetap berinvestasi sesuai dengan arah tren utama tersebut.

Baca: Mengenal Charles Dow dan Teorinya (1)

(yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading