Siapa CA Capital yang Mau Beli Saham PaninBank dari ANZ?

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
30 May 2019 17:52
Siapa CA Capital yang Mau Beli Saham PaninBank dari ANZ?
Jakarta, CNBC Indonesia - CA Capital dikabarkan akan membeli saham PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) milik ANZ Group. Tak banyak yang tahu siapa sebenarnya CA Capital.

CA Capital merupakan perusahaan investasi yang punya afiliasi dengan Grup Djarum. CA merupakan akronomi dari nama Chandra Adisusanto, yang merupakan pemilik perusahaan investasi ini.

Chandra Adisusanto, merupakan pemegang 10% saham PT BCA Sekuritas Indonesia, salah satu perusahaan efek yang menjadi anggota bursa, seperti yang tercantum dalam laporan keuangan. Sisanya 90% saham BCA Sekuritas dikuasai oleh PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).


Siapa CA Capital yang akan Beli Saham PaninBank dari ANZ?Foto: Lapkeu BCA Sekuritas


Chandra merupakan salah satu investment banker yang dipercaya banyak mengelola investasi Grup Djarum. Rencana pembelian saham PaninBank tersebut tidak terkait dengan BCA, yang merupakan bank milik Grup Djarum.

Patner Chandra di CA Capital adalah Dharwin Yuwono, mantan Presiden Director PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia. Saat ini, Dharwin tercatat sebagai Presiden Komisaris di BCA Sekuritas.


Dharwin juga merupakan salah seorang investment banker kawakan. Sebelum di Credit Suisse, Dharwin pernah menjabat Director PT JP Morgan Sekuritas Indonesia.

Dalam laman Linkedin Dharwin, disebutkan ia menjabat sebagai Investment Officer di CA Capital.

Selain Dharwin, ada nama Reny Adisusanto yang juga tercatat sebagai Fund Manager di CA Capital. Reny tak lain adalah putri dari Chandra Adisusanto.

Reny mulai bergabung di CA Capital sejak Mei 2015. Menempuh pendidikan di University of Technology Sydney jurusan Interior Design.

Sepak terjang CA Capital di Indonesia memang tak terdengar. Bahkan tak ada website resmi perusahaan ini.

Tiba-tiba konsorsium investor yang dipimpin CA Capital dikabarkan akan membeli saham PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN) atau PaninBank. Salah seorang investment banker yang menjadi sumber CNBC Indonesia yang tak bersedia disebutka namanya, menyampaikan hal tersebut secara langsung.

CA Capital dikabarkan akan membeli saham PNBN pada harga saham kisaran price to book value 1,1x. Ini merupakan bagian dari rencana divestasi saham PaninBank oleh ANZ Group.

Pada September lalu, seperti yang diberitakan Bloomberg, ANZ sudah menunjuk Morgan Stanley sebagai penasihat untuk melepas kepemilikan saham PaninBank.

Namun hingga saat ini belum jelas siapa yang akan menjadi pembeli 38,82% saham ANZ Group di Bank Panin yang tercatat atas nama Votraint No 1033 PTY Ltd.

"CA Capital itu konsorsium beberapa investor tapi di orang-orangnya merupakan investment banker dari Grup Djarum," kata sumber tersebut. (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading