Sah! Ophir Energy Kini Resmi Milik Medco Energi

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
22 May 2019 10:30
Sah! Ophir Energy Kini Resmi Milik Medco Energi
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDCmengumumkan telah merampungkan akuisisi Ophir Energy Plc terhadap seluruh penawaran tunai yang direkomendasikan dengan nilai 408,4 juta poundsterling atau setara dengan Rp 7,62 triliun (asumsi kurs Rp 18.669/poundsterling).

Dengan begitu, Ophir Energy resmi berpindah tangan menjadi milik Medco. Manajemen perseroan menegaskan dengan akuisisi ini, aset Ophir dapat melengkapi portofolio Medco Energi. Penggabungan bisnis ini juga menjadikan Medco Energi menjadi pelaku usaha minyak dan gas (migas) regional yang terkemuka di Asia Tenggara.

"Akuisisi Ophir ini akan meningkatkan proforma produksi perusahaan di 2019 sebesar 29% yakni 110 million barrels of oil equivalent per day/MBOEPD [ribu barel setara minyak per hari] dan gabungan cadangan 2P [proven and probable] dan sumber daya 2C naik sebesar 86% menjadi 1.439 MMBOE [juta barel setara minyak]," ujar Presiden Direktur Medco Energi Hilmi Panigoro melalui keterangan resminya, Rabu (22/5/2019).


"Kami senang telah berhasil menyelesaikan akuisisi Ophir. Akuisisi ini memperkuat lagi strategi perusahaan yang memperluas kehadiran Medco Energi secara selektif dan kami yakin hal ini akan menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan kami," tutur Hilmi.

Sebelumnya, akuisisi perusahaan energi berbasis di London, Inggris ini ditargetkan diselesaikan di akhir kuartal kedua tahun ini. Medco memiliki tenggat waktu sampai dengan 20 Juni 2019.

Nilai akuisisinya tak main-main, mencapai 408,4 juta poundsterling, satu saham Ophir dihargai 57,5 pence. Nilai penawaran tersebut naik dari sebelumnya 390,6 juta poundsterling (Rp 7,29 triliun) atau 55 pence/saham.

Harga akuisisi ini terbilang premium sebab 73,2% di atas harga penutupan saham Ophir pada perdagangan 28 Desember 2018 di 33,20 pence/saham.

Kedua perusahaan akhirnya sepakat dengan harga tersebut yang membuat Medco dapat menguasai seluruh saham Ophir dan 18,73% saham baru yang akan diterbitkan pada 19 Maret lalu.

Proses akuisisi Ophir ini sempat terkendala karena pemegang saham Ophir Energy menolak lantaran nilai akuisisi yang terlalu murah. Akhirnya perusahaan migas yang tercatat di London ini mencapai kesepakatan harga dengan Medco Energi.

Pada Selasa pekan lalu (7/5/), Medco Energi juga menerbitkan surat utang atau obligasi senilai US$ 650 juta atau sekitar Rp 9,29 triliun (asumsi kurs Rp 14.300/US$). Dana obligasi akan digunakan untuk membiayai akuisisi Ophir dan sekaligus membayar utang perusahaan.

"Perusahaan berhasil menerbitkan obligasi [tenor] 7 tahun 7NC4 sebesar US$ 650 juta, 144A/Reg S dengan kupon 7,375%," kata Hilmi.


Medco dan Ophir capai kesepakatan.
[Gambas:Video CNBC]
(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading