Investasi Rp 100 Juta di Saham Astra 10 Tahun, Cuan 273%

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
17 May 2019 11:47
Investasi Rp 100 Juta di Saham Astra 10 Tahun, Cuan 273%
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa saham domestik saat ini sedang dalam tekanan karena sejumlah sentimen negatif baik dari eksternal maupun internal. Bagi anda yang baru menjadi investor saham, tentu ini kenyataaan yang menyakitkan karena saham yang menjadi tempat investasi harganya turun drastis.

Apakah ini akhir dari segalanya dan membuat anda berhenti berinvestasi saham. Jauhkan cara pikir seperti itu. Pasalnya, berinvestasi saham yang menguntungkan, tak bisa dicapai dalam hitungan hari.

Ambil contoh jika berinvestasi Rp 100 juta pada saham PT Astra International Tbk (ASII). Dalam sepekan ini mungkin anda akan mengalami kepahitan karena merugi Rp 5,92 juta, di mana pada saat yang sama harga saham Astra turun 5,92%.

Bahkan anda akan lebih sakit lagi, jika dihitung dari awal tahun saham ASII sudah anjlok 17,93%. Jumlah uang yang hilang bisa mencapai Rp 17,93 juta.


Tapi coba hitung jika mulai berinvestasi saham Astra pada waktu yang kurang lebih saham 10 tahun lalu. Pada 18 Mei 2009, harga saham Astra tercatat berada pada level harga Rp 1.810/saham.

Jika dihitung pada harga saham hari ini pada kisaran Rp 6.725/unit, maka anda sudah menangguk cuan 272,93%. Artinya uang Anda sudah bertambah Rp 272,93 juta menjadi Rp 372,93 juta. Tentu jumlah yang fantastis bukan!

Astra Internasional merupakan perusahaan investasi yang mempunyai anak usaha yang bergerak di bidang otomotif, perkebunan sawit, penjualan alat berat, pertambangan, keuangan, informasi teknologi, properti, dan infrastruktur.

Tentu saham Astra merupakan salah satu contoh yang juga berlaku untuk banyak saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Untuk memilih saham-saham yang tepat untuk investasi jangka panjang,

Artinya, dalam situasi pasar saham yang volatile atau bergejolak karena sentimen perang dagang, CAD, neraca pembayaran dan nilai tukar rupiah yang anjlok. Anda harus tetap berpikir rasional dan cermatilah saham-saham yang mungkin secara valuasi sudah relatif murah, tinggal tunggu waktu yang pas anda sudah bisa mempersiapkan investasi anda. (hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading