Kebijakan Moneter BI: Hati-hati, Netral, dan Berbasis Data

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
16 May 2019 15:05
Kebijakan Moneter BI: Hati-hati, Netral, dan Berbasis Data
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mempertahankan bunga acuannya di 6%. BI memandang kondisi eksternal belum kondusif.

Oleh sebab itu, Gubernur BI Perry Warjiyo bersama Anggota Dewan Gubernur lainnya mengambil langkah kebijakan moneter yang 'cautious' atau hati-hati.

"BI terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal dalam mempertimbangkan terbukanya kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri," kata Perry Warjiyo di Gedung BI, Kamis (16/5/2019).


Menurut Perry, stance moneter BI selama ini longgar, tetapi khusus makroprudensial akomodatif. Di sisi lain kebijakan suku bunga lebih netral.

Kebijakan Moneter BI: Hati-hati, Netral, dan Berbasis DataFoto: Bank Indonesia Perry Warjiyo


"Saat ini suku bunga masih tetap. Sejalan dengan menjaga stabilitas eksternal," kata Perry.

"Jadi stance BI cautious [hati-hati], neutral, dan data dependent," tambahnya.

Dalam paparannya, Perry menuturkan keputusan untuk menahan bunga acuan tersebut sejalan dengan upaya menjaga stabilitas eksternal perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian pasar keuangan global yang meningkat.

"Bank Indonesia akan terus mencermati kondisi pasar keuangan global dan stabilitas eksternal perekonomian Indonesia dalam mempertimbangkan terbukanya ruang bagi kebijakan moneter yang akomodatif sejalan dengan rendahnya inflasi dan perlunya mendorong pertumbuhan ekonomi di dalam negeri," kata Perry.
(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading