Avengers: Endgame Dorong Wall Street Menghijau

Market - Anastasi Arvirianti, CNBC Indonesia
27 April 2019 - 09:25
Avengers: Endgame Dorong Wall Street Menghijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah dibuka melemah pada perdagangan Jumat (26/4/2019) dan bergerak flat sepanjang hari, indeks-indeksĀ Wall Street berhasil ditutup dengan mengalami penguatan di satu jam terakhir sebelum perdagangan ditutup.

Dow Jones Industrial Average ditutup menguat 81,25 poin, atau 0,31%, menjadi 26.543,33, S&P 500 terapresiasi 13,71 poin, atau 0,47%, menjadi 2.939,88 dan Nasdaq Composite berhasil naik 27,72 poin, atau 0,34%, menjadi 8.146,40.

Dengan begitu, sepanjang minggu ini, S&P naik 1,2%, sedangkan Dow terkoreksk 0,06%, dan Nasdaq terapresiasi 1,86%.


Penguatan indeks-indeks tersebut disebabkan oleh adanya kabar baik soal pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS).

Rick Meckler, mitra di Cherry Lane Investments, mengatakan, angka PDB menjadi katalis positif untuk pasar, dan investor puas dengan pendapatan meskipun ada beberapa hal negatif.

"Ada banyak momentum 'beli', dan dengan pemikiran kemungkinan terbentuk 'new high', membuat adanya optimisme yang berkelanjutan," kata Meckler, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (27/4/2019).

Penguatan S&P terbesar pada hari Jumat berasal dari sektor konsumen, yang naik 0,9%.

Dukungan terbesarnya adalah dari Amazon.com Inc, yang naik 2,5% setelah raksasa e-commerce mencetak laba kuartalannya dua kali lipat, dan mengalahkan perkiraan Wall Street meskipun pedoman kuartal kedua lebih rendah dari ekspektasi.

Juga Ford Motor Co yang melonjak 10,7% dan merupakan pemenang persentase terbesar di S&P setelah pembuat mobil itu membukukan pendapatan kuartalan yang lebih baik dari perkiraan sebagian besar karena penjualan truk pickup yang kuat di pasar intinya A.S.

Indeks teknologi S&P adalah hambatan terbesar pada benchmark, dengan penurunan 0,4%.

Intel merosot 8,99% setelah memangkas proyeksi pendapatan setahun penuh dan meleset dari estimasi penjualan untuk bisnis pusat data utamanya dalam laporan triwulanan Kamis malam.

Dari 11 sektor utama pada S&P 500, persentase untuk sektor energi mengalami koreksi terbesar dengan penurunan 1,2% karena harga minyak merosot lebih dari 3% setelah Presiden AS Donald Trump menekan lagi Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) untuk meningkatkan produksi minyak mentah guna mengurangi harga bensin.

Saham raksasa minyak Exxon Mobil Corp yang terdepresiasi 2% setelah laba kuartalannya meleset dari perkiraan.

Namun, saham Walt Disney Co naik 1,95% setelah tontonan pahlawan super Marvel Studios "Avengers: Endgame" mencapai rekor US$ 60 juta di AS dan box office Kanada selama debut Kamis malam.






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading