Lawan Riyal, Rupiah Sepekan Melemah Hampir 1%

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
25 April 2019 18:39
Rupiah menunjukkan performa buruk lawan riyal Arab Saudi, tidak sekalipun sepanjang perdagangan pekan ini mata uang garuda berada di zona hijau.
Jakarta, CNBC Indonesia - Rupiah menunjukkan performa buruk lawan riyal Arab Saudi, tidak sekalipun sepanjang perdagangan pekan ini mata uang garuda berada di zona hijau. Hal yang sama juga terjadi lawan yuan China, tetapi masih lebih baik karena rupiah sempat menguat di hari Selasa (23/4/19)

Pada perdagangan Kamis (25/4/19) rupiah melemah 0,64% lawan riyal ke level 3.781, dan sepanjang pekan ini melemah hampir 1% tepatnya 0,98%. Arab Saudi yang mencetak surplus anggaran untuk pertama kalinya sejak tahun 2014 menjadi penopang penguatan riyal. Kenaikan harga minyak mentah menjadi faktor utama surplus anggaran produsen terbesar di OPEC itu.




Performa buruk di pekan ini membuat penguatan rupiah di bulan April terpangkas menjadi 0,4%, dan sejak awal tahun (year-to-date) menjadi 1,31%.

Berikut tabel pergerakan riyal terhadap rupiah (SAR/IDR) di bulan April.



Melawan yuan China, rupiah hari ini melemah sekitar 0,33% ke level Rp 2.102,67, dan sepanjang pekan ini melemah 0,42%. Akibat pelemahan di pekan ini, rupiah membalikkan penguatan 0,36% di pekan lalu.



Untuk bulan April, mata uang garuda ini masih menguat 0,84% lawan mata uang panda, tetapi secara year-to-date melemah 0,66%.

Berikut tabel pergerakan yuan terhadap rupiah (CNY/IDR) di bulan April.



TIM RISET CNBC INDONESIA 
(pap/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading