Tak Cukup 30%, BTN Mau Kuasai 100% Manajer Investasi PNM

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
22 April 2019 12:02
Tak Cukup 30%, BTN Mau Kuasai 100% Manajer Investasi PNM
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) menyatakan ingin menjadi pemegang saham mayoritas di PNM IM. Hari ini (22/4/2019), BTN mengakuisisi 30% saham PNM IM yang merupakan anak usaha PT Permodalan Nasional Madani.

Direktur utama BTN, Maryono, menambahkan pengambilan 30% saham PNM IM merupakan langkah pertama, sebab BTN berencana menjadi pemegang saham mayoritas di PNM IM.

"Ya, saya kira tahun depanlah (mayoritas di PNM IM). [Sahamnya] bisa 50% atau minimal dua kali lipatlah," ujarnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/4/2019).


Maryono menambahkan, kinerja PNM IM cukup luar biasa. Manajer investasi terbesar ke-26 di Indonesia dengan dana kelolaan Rp 8 triliun. PNM IM akan dimanfaatkan BTN untuk menambah produk yang ditawarkan ke nasabah mulai dari reksa dana, saham hingga mengelola dana Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

"Hitungan kasar dana Tapera Rp 114 triliun. Kalau kita punya investment management kita bisa mendapat dana kelolaan kurang lebih Rp 50 triliun. Dana ini bisa untuk untuk mendanai pembangunan perumahan yang lebih banyak lagi," jelas Maryono.

Simak video soal rencana BTN masuk Bank BUKU IV di bawah ini: (roy/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading