Investasi Ini Datangkan Cuan 30% Sejak Awal Tahun, Apa Ya?

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
19 April 2019 20:06
Investasi Ini Datangkan Cuan 30% Sejak Awal Tahun, Apa Ya?
Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi apa yang memberikan keuntungan sampai 30% dalam waktu 3,5 bulan? Dolar Amerika Serikat (AS)? Bukan. Emas? Bukan. Obligasi pemerintah AS? Bukan. 

Jawabannya adalah saham Ajax Amsterdam, klub sepakbola jagoan Belanda. Ajax Amsterdam adalah fenomena di sepakbola musim ini. Tidak cuma karena penampilan di lapangan, investor pun sepertinya bahagia dengan performa Ajax di sektor keuangan. 

Ajax menjadi perusahaan terbuka yang mencatatkan sahamnya di bursa Euronext Amsterdam. Pada penutupan perdagangan kemarin, harga saham Ajax berada di EUR 19. Ini merupakan rekor tertinggi sejak Ajax mencatatkan sahamnya pada 1998. 


Sejak awal tahun ini saja, harga saham De Amsterdammers melonjak 30,58%. Investasi mana yang memberikan cuan setinggi itu? 



Harga saham Ajax melonjak tajam kala Matthijs de Ligt dkk menyingkirkan Juventus (Italia) di perempat final Liga Champions Eropa pada 17 April. Kala itu, saham Ajax melonjak 9,04%.  


Kenaikan saham Ajax belum berhenti, masih berlanjut pada hari selanjutnya. Kemarin, saham Ajax masih naik 1,6%. 

Di semi final Liga Champions, Ajax akan bertemu dengan Tottenham Hotspur (Inggris) yang menjungkalkan rival senegaranya, Manchester City. Bukan meremehkan Spurs, tetapi peluang Ajax untuk melangkah ke partai final Liga Champions tidaklah tipis.


Apabila Ajax berhasil menembus final Liga Champions, maka pendapatan perusahaan akan semakin bertambah. Sejak babak penyisihan grup hingga semifinal, Ajax sudah memperoleh uang hadiah dari Asosiasi Sepakbola Uni Eropa (UEFA) total jenderal EUR 56,25 juta atau sekira Rp 887,98 miliar dengan kurs saat ini.  

Kalau berhasil masuk final, Ajax akan mendapat tambahan bonus EUR 15 juta (Rp 236,81 miliar). Andai bisa jadi juara, uang hadiah ditambah EUR 4 juta (Rp 63,15 miliar). 

Seperti halnya emiten pada umumnya, pendapatan yang bertambah tentu akan membuat laba meningkat. Bagi investor, tentu ini adalah sebuah kabar gembira sehingga saham Ajax laris diborong dan harganya meroket. 

Investor juga mengantisipasi bahwa Ajax akan kembali berlaga di Liga Champions musim depan. Di Liga Belanda musim ini, Ajax kini berada di puncak klasemen dengan poin 74. 

Memang perolehan poin Ajax sama dengan PSV Eindhoven yang berada di posisi runner-up. Meski nantinya Ajax gagal menjadi Kampioen van Nederland, tetapi masih bisa lolos ke Liga Champions sehingga potensi tambahan pendapatan di depan mata. 

Jadi bagaimana? Mau ikut beli saham Ajax?


TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading