Euro Kuat Nantikan Data Aktivitas Bisnis

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
18 April 2019 14:14
Euro Kuat Nantikan Data Aktivitas Bisnis
Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang euro terlihat masih cukup kuat berhadapan dengan dolar Amerika Serikat (AS) hari ini Kamis (18/4/19). Para trader mata uang ini menantikan rilis data indeks aktivitas bisnis dari Jerman, Prancis, dan Zona Euro secara keseluruhan.

Pada pukul 12:58 WIB, euro diperdagangkan di kisaran US$ 1,1299 menguat tipis dibandingkan penutupan Rabu (17/5/19) di level US$ 1,1294. 

Rilis data aktivitas bisnis yang terdiri dari sektor manufaktur dan jasa akan menunjukkan seberapa sehat kondisi ekonomi blok 19 negara ini. Data bagus datang dari Jerman di pekan ini, dimana para pelaku bisnis menunjukkan sikap optimis untuk pertama kalinya dalam 13 bulan terakhir. Begitu juga dari Zona Euro yang optimis untuk pertama kalinya dalam 11 bulan terakhir.

Data aktivitas manufaktur dan jasa dari kawasan tersebut bisa jadi mengkonfirmasi sikap optimis para pelaku bisnis. Markit menjadi institusi yang melaporkan data-data ini, dengan melakukan survei terhadap manajer pembelian sehingga dikenal dengan purchasing manager index (PMI). Dengan angka 50 sebagai ambang batas pemisah antara peningkatan aktivitas atau ekspansi (di atas 50), dengan penurunan aktivitas atau kontraksi (di bawah 50). 




Grafik di atas menunjukkan indeks aktivitas manufaktur PMI yang terus menunjukkan penurunan sejak Januari 2018, bahkan sampai berkontraksi pada bulan Maret lalu. 

Markit terlebih dahulu merilis data untuk Prancis pada pukul 14:15 WIB, disusul Jerman 15 menit setelahnya, dan ditutup Zona Euro secara keseluruhan pada pukul 15:00 WIB.

Berikut prediksi data dan perbandingan dengan rilis sebelumnya.

Data PrediksiSebelumnya
Manufaktur PMI Prancis 50,049,7
Jasa PMI Prancis 49,849,1
Manufaktur PMI Jerman 45,244,1
Jasa PMI Jerman55,055,4
Manufaktur PMI Zona Euro 48,147,5
Jasa PMI Zona Euro  53,153,3
Sumber: Forex Factory

Melihat prediksi tersebut terlihat lebih baik dari sebelumnya namun sektor manufaktur hanya berekspansi di Prancis, sementara Jerman dan Zona Euro mengalami kontraksi.

Aktivitas bisnis sektor jasa di Jerman dan Zona Euro juga diprediksi mengalami penurunan aktivitas meski masih mencatat ekspansi.Rilis data-data yang lebih bagus dari prediksi akan membuka peluang euro menguat lagi terhadap dolar pada hari ini, setidaknya sampai pasar AS dibuka.

TIM RISET CNBC INDONESIA (pap/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading