Jokowi-Amin Diprediksi Menang, Saham Induk Grup Astra Melesat

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
17 April 2019 17:47
Jokowi-Amin Diprediksi Menang, Saham Induk Grup Astra Melesat
Singapura, CNBC Indonesia - Saham produsen produk otomotif yang merupakan induk usaha PT Astra International Tbk (ASII), Jardine Cycle & Carriage Limited (JCYC.SI) melesat di Bursa Singapura sesaat setelah hasil perhitungan cepat (quick count) Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia diumumkan.

Sejak pukul 14:00 waktu setempat, harga saham JCYC.SI mulai melesat dan akhirnya berhasil ditutup menguat hingga 4,35% menjadi S$ 35,98/saham. Ini merupakan pertumbuhan harian tertinggi sejak 7 November tahun lalu.




Sentimen positif dari prediksi kemenangan pasangan nomor urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin adalah motor yang mendorong terdongkraknya harga saham emiten asal Singapura tersebut.

Hasil beberapa quick count pada pukul 17.00 WIB, misalnya Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny Jaya dengan total suara masuk 87,60% mencatat kemenangan untuk petahana dengan capaian 55,11%.

Kedai Kopi dengan total suara 63,45% dan membukukan kemenangan pasangan nomor urut 01 dengan perolehan 51,63%.


CEO Sucorinvest Asset Management Jemmy Paul, seperti dikutip Bloomberg, menyampaikan bahwa salah satu sentimen saham Jardine ialah prediksi kemenangan pasangan Jokowi-Amin yang pada gilirannya akan membawa persepsi positif pada sektor otomotif, khususnya saham anak usaha Jardine di Indonesia yakni Astra International.

Jardine memegang 50,1% kepemilikan saham ASII, di mana mayoritas (90%) pemasukan tahunan perusahaan berasal dari Astra Internasional, seperti terungkap dalam laporan keuangan per Desember 2018.

Prediksi Paul juga didorong dengan asumsi bahwa kemenangan petahana akan mendorong kelanjutan reli Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam beberapa hari ke depan.

IHSG juga diprediksi akan menyentuh capaian tertingginya di bulan Februari tahun lalu yaitu sebesar 6.689,29 poin.

Jardine adalah perusahaan konglomerasi asal Negeri Singa yang bergerak di bidang manufaktur perakitan, distribusi dan ritel kendaraan bermotor, alat berat, jasa keuangan, hingga teknologi informasi.

Jardine Cycle & Carriage didirikan tahun 1899 dan merupakan perusahaan publik terbesar ke-16 di Singapura. Saat ini perusahaan mencatatkan kapitalisasi pasar hingga S$ 13,64 miliar atau setara Rp 141,45 triliun (kurs Rp 10.370/S$).

Selain Astra, Jardine juga memiliki jejaring bisnis di Indonesia lewat Hotel Mandarin Oriental dan PT Tunas Ridean Tbk (TURI).

TIM RISET CNBC INDONESIA

(dwa/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading