Indonesia Election 2019

Andai Hari Ini Tak Pemilu, Kira-Kira Bagaimana Nasib IHSG?

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
17 April 2019 11:24
Andai Hari Ini Tak Pemilu, Kira-Kira Bagaimana Nasib IHSG?
Jakarta, CNBC Indonesia - Perdagangan di bursa saham tanah air diliburkan pada hari ini seiring dengan gelaran pemilihan umum (pemilu).

Sebagai informasi, pemilu yang digelar pada hari ini merupakan yang terbesar dalam sejarah Indonesia. Pasalnya, pemilihan presiden dan para anggota legislatif dilakukan secara serentak.

Pada pemilu tahun ini, akan dipilih sepasang presiden dan wakil presiden, 575 anggota DPR RI, 136 anggota DPD, 2.207 anggota DPR Provinsi, dan 17.610 anggota DPRD Kota/Kabupaten.

Namun, seandainya saja hari ini tak libur, bagaimana kira-kira nasib Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)?


Andai saja tidak libur, niscaya IHSG akan ditransaksikan di zona merah.

Bagaimana tidak, hingga berita ini diturunkan, mayoritas bursa saham utama kawasan Asia ditransaksikan di zona merah: indeks Shanghai turun 0,04%, indeks Hang Seng turun 0,25%, dan indeks Kospi turun 0,1%.

Sejatinya, data ekonomi yang dirilis di China pada hari ini terbilang menggembirakan dan mendukung bagi investor untuk melakukan aksi beli di bursa saham. Untuk periode kuartal-I 2019, pertumbuhan ekonomi diumumkan di level 6,4% YoY, mengalahkan konsensus yang sebesar 6,3% YoY, seperti dilansir dari Trading Economics.

Namun apa mau dikata, pelaku pasar lebih memilih untuk merealisasikan keuntungan yang sudah diraup. Terhitung dalam periode 29 Maret-16 April, indeks Shanghai sudah melesat 8,6%, sementara indeks Hang Seng melejit 4,7%.

Pelaku pasar sudah mengatisipasi bahwa angka pertumbuhan ekonomi China akan bisa mengalahkan ekspektasi. Belum lama ini, ekspor China periode Maret 2019 diumumkan melesat hingga 14,2% secara tahunan, jauh di atas konsensus yang dihimpun Reuters sebesar 7,3%.

Kemudian, rata-rata harga rumah baru periode Maret 2019 diumumkan tumbuh sebesar 10,6% YoY, naik dari pertumbuhan bulan Februari yang sebesar 10,4% YoY. Hal ini mengindikasikan bahwa daya beli masyarakat China sedang berada dalam posisi yang relatif kuat.

Ketika pelaku pasar saham China dan Hong merealisasikan keuntungannya pada hari ini, kinerja indeks saham dari negara-negara kawasan Asia lainnya ikut tertekan.

TIM RISET CNBC INDONESIA

Saksikan video Pemilu 2019 dalam angka:

[Gambas:Video CNBC]
(ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading