Saham-saham Ini Paling Banyak Diborong Asing Pekan Lalu

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
14 April 2019 - 20:58
Saham-saham Ini Paling Banyak Diborong Asing Pekan Lalu
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan lalu mengalami penurunan cukup dalam hingga 1,05%. Indeks terhenti di level 6.405, level terendah dalam sebulan terakhir.

Meskipun mengalami penurunan, ternyata investor asing tercatat masih melakukan beli bersih (net buy) dalam sepekan ini. Asing tercatat net buy Rp 448 miliar di pasar reguler, angka tersebut bahkan membengkak Rp 1,28 triliun jika ditambah dengan transaksi di pasar negosiasi dan tunai.



Apa saja saham-saham yang paling banyak diborong investor asing tersebut? Berikut lima saham di pasar reguler yang paling banyak dikoleksi asing dalam sepekan.


1. PT Barito Pacific Tbk (BRPT)

Perusahaan berkode BRPT yang bergerak dalam dalam industri petrochemicals tersebut, paling banyak diborong asing dengan catatan beli bersih (net buy) mencapai Rp 176 miliar.

Selama sepekan, saham Prajogo Pangestu dengan kepemilikan 73,2% tersebut mengalami kenaikan 460 poin (+12,78%) pada harga terakhir Rp 4.060/saham. Adapun nilai transaksinya mencapai Rp 672 miliar.

2. PT Semen Indonesia Tbk (SMGR)

Perusahaan semen pelat merah dengan kode SMGR tersebut berada di tempat ke dua saham paling banyak diborong asing pekan ini. Asing tercatat melakukan beli bersih (net buy) senilai Rp 169 miliar.

Dalam sepekan, saham holding semen nasional tersebut mengalami penurunan hingga 650 poin (-4,76%) dengan harga terakhir di Rp 13.000/saham. Adapun nilai transaksinya mencapai Rp 481 miliar.

3. PT Bank Rakyat Tbk (BBRI)

Investor asing mencatatkan beli bersih (net buy) sebesar Rp 158,3 miliar pada saham berkode BBRI tersebut.

Selama sepekan, saham bank yang memiliki satelit tersebut mengalami kenaikan 50 poin (+1,17%) dan parkir di harga Rp 4.310/unit saham. Nilai perdagangannya sangat besar mencapai Rp 2,8 triliun.

4. PT Astra International Tbk (ASII)

Saham berkode ASII dengan pangsa otomotif terbesar tersebut mulai banyak dikoleksi asing karena harganya masih anjlok sepanjang tahun ini. Asing mencatatkan beli bersih (net buy) sebesar Rp 132,6 miliar.

Selama sepekan, saham ASII mengalami penurunan 1,64% dan ditutup pada harga Rp 7.475/unit saham. Nilai perdagangannya mencapai Rp 1,1 triliun.

5. PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syaria Tbk (BTPS)

Saham perbankan yang mulai IPO pertengahan tahun lalu tersebut menjadi saham berbasis syariah yang paling diminati asing pekan ini. Asing tercatat melakukan beli bersih (net buy) sebesar Rp 69,7 miliar.

Saham yang 70% kepemilikannya masih dikuasai Bank BTPN tersebut selama sepekan mengalami penurunan 10 poin (-0,44%) dan ditutup pada harga Rp 2.240/saham. Nilai perdagangannya mencapai Rp 628 miliar.

(yam/yam)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading