Mandiri: Hasil Due Diligence Akuisisi Permata Diumumkan April

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
09 April 2019 07:14
Hasil due dilligence rencana akuisisi PT Bank Permata Tbk (BNLI) oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan diumumkan bulan ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyatakan hasil due diligence rencana akuisisi PT Bank Permata Tbk (BNLI) oleh PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan diumumkan bulan ini.

Namun, pria yang biasa disapa Tiko itu belum bisa mengungkapkan ihwal rencana akuisisi lebih lanjut.

"Harusnya bulan ini kita disclose hasil due diligence. Tapi sekarang belum bisa karena kita kan listed company," kata Tiko ditemui di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (8/4/2019) malam.


Saat ini Bank Mandiri tengah melakukan kajian dan negosiasi harga dengan Bank Permata. Tiko menambahkan, rencana akuisisi ini sudah ada dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) namun mengenai harga belum ada kesepakatan.


"Cuma beberapa berita di koran-koran mengenai valuasi tuh itu enggak ada, belum ada di RBB," katanya.

Tiko mengharapkan proses akuisisi selesai tahun ini. Namun, semuanya belum pasti, masih tergantung negosiasi. Bila negosiasi tidak cocok maka bisa juga proses akuisisi dibatalkan.

"Tahun ini, tapi tergantung negosiasi nanti. Belum tentu juga. Kalau enggak cocok kan bisa batal juga," tuturnya.

BMRI mengaku kelebihan modal sebesar Rp 30 triliun, maka itu pihaknya bermaksud mengakuisisi bank kelas medium. Akuisisi Bank Permata sendiri tengah dalam proses due diligence. Tiko menyatakan setelah due diligence baru pihaknya tawar-menawar harga.

Mandiri: Hasil Due Diligence Akuisisi Permata Diumumkan AprilFoto: Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo (CNBC Indonesia/Iswari Anggit)

"Kalau cocok lanjut, kalau enggak ya selesai," katanya.

Meski sudah mendapat lampu hijau dari Kementerian BUMN, Tiko menyatakan restu tersebut belum dilakukan secara formal. Pasalnya, pihaknya juga harus melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

"Belum formal. Formalnya kan harus RUPS segala. Belum lah masih proses kajian. Tenang, sabar," tandasnya.

Saksikan video mengenai rencana akuisisi tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading