Rencana Mandiri Akuisisi Permata Mulai Terungkap!

Market - Yanurisa Ananta, CNBC Indonesia
05 April 2019 16:54
Perlahan drama akuisisi 45% saham Standard Chartered Bank (Stanchart) di PT Bank Permata Tbk (BNLI) kian terungkap.
Jakarta, CNBC Indonesia - Perlahan drama akuisisi PT Bank Permata Tbk (BNLI) oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) kian terungkap.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN, Gatot Trihargo mengatakan saat ini pemerintah tengah menunggu hasil due diligence.

"(informasi) yang baru ada itu, kita lagi menunggu hasil dari due dilligence," ujar Gatot di Bandara Soetta, Jumat (5/4/2019)


Beredar kabar di pasar menyebutkan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) bersama Morgan Stanley dalam tahap menyelesaikan proses penawaran akuisisi Bank Permata dari pemegang saham lama, Stanchart.

Mandiri kabarnya menurunkan harga penawaran dengan price to book value (PBV) 1,4x-1,5x dari sebelumnya 1,8x.

Sebelumnya manajemen Bank Mandiri memang menegaskan tengah mengincar bank untuk diakuisisi. Sudah ada dua yang didekati oleh Mandiri. Keduanya, disebut bank menengah (medium size).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menegaskan calon pembeli 45% saham saham BNLI nantinya wajib melakukan penawaran tender (tender offer) atas saham publik di bank tersebut.

"Harus [tender offer]," kata Hoesen, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/3).

Dia menegaskan hingga saat ini belum ada bank yang menyampaikan minat untuk mengakuisisi Bank Permata ke OJK.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading