Analisis Teknikal

Digoyang Kabar dari KPK, ke Mana Arah Saham Humpuss?

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
28 March 2019 15:35
Digoyang Kabar dari KPK, ke Mana Arah Saham Humpuss?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pergerakan saham PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS) mencuri perhatian pelaku pasar setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap salah satu anggota DPR terkait kasus suap distribusi pupuk.

Sebelumnya, KPK menangkap tujuh orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait distribusi pupuk. Adapun yang terjaring termasuk di antaranya direksi BUMN PT Pupuk Indonesia, satu anggota DPR, dan pihak dari Humpuss.

Dalam kasus tersebut disinyalir distribusi pupuk menggunakan kapal milik cucu usaha Humpuss, perusahaan pelayaran yang dimiliki Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.



Data Bursa Efek Indonesia mencatat, saham HITS sendiri termasuk saham yang kurang aktif ditransaksikan dengan volatilitas pergerakan yang cukup tinggi. Dalam sebulan terakhir, transaksi saham tersebut hanya Rp 4,7 miliar.

Hingga pukul 14:30 WIB saham HITS diperdagangkan di level Rp 660/unit saham atau melemah 1,49%. Dari awal tahun kinerja saham ini menurun 5,7%.

Ke mana arah saham HITS akan bergerak?

Berikut analisis Tim Riset CNBC Indonesia secara teknikal.

Sumber: Refinitiv

Sejak pertengahan tahun lalu, saham HITS bisa dikatakan stagnan dengan kecenderungan tren bergerak menyamping (sideways), dengan level penahan pelemahan atau support berada di level Rp 650/saham.

Adapun level penghalang penguatan atau batas atas (resistance) di Rp 710/saham.

Hal ini juga juga terlihat dari posisinya yang lebih banyak bergerak di area netral, mengacu pada indikator teknikal bersifat momentum stochastic slow. Dengan demikian, mengacu analisis di atas, maka pergerakan saham HITS masih stagnan dengan tren sideways.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading