Saham FOOD Tiba-tiba Liar, Gara-gara Wabah Daging Impor?

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
27 March 2019 10:18
Saham FOOD Tiba-tiba Liar, Gara-gara Wabah Daging Impor?
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Sentra Food Indonesia Tak (FOOD) mendadak melejit pada perdagangan hari ini, Rabu (27/3/2019) kendati minim sentimen setelah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 8 Januari lalu.

Data BEI mencatat, pada perdagangan pukul 10.00 WIB, saham FOOD melonjak hingga 19,79% di level Rp 230/saham, dengan nilai transaksi Rp 1,61 miliar dan volume perdagangan 7,38 juta saham.

Pada Selasa (8/1/2019), FOOD mencatatkan saham perdana atau listing di BEI. FOOD menjadi emiten pertama yang melantai di bursa tahun ini dan perusahaan tercatat ke- 620 di BEI.


FOOD melepas 150 juta saham, jumlah tersebut setara 33,33% dari modal ditempatkan. Harga penawaran saham sebesar Rp 135/saham dan meraih dana IPO Rp 20,2 miliar.

Direktur Utama Sentra Food Agustus Sani Nugroho saat pencatatan saham mengatakan ekspansi ekspor ke pasar luar negeri sudah masuk dalam rencana bisnis perusahaan tahun ini.

"Kami berharap tahun 2019, mulai bisa implementasikan [ekspor], mungkin ke negara-negara ASEAN tapi juga ada peluang ditawarkan saat exhibition di Timur Tengah, paling tidak bayangan saya di ASEAN," kata Agustus usai listing di BEI.


Sentra Food Indonesia adalah perusahaan di bidang pengolahan daging olahan. Di pasar luar negeri, isu yang terkait dengan daging olahan yakni impor daging yang bermasalah karena terkena wabah, termasuk daging dari India dan China.


(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading