Tersandung Harga di Kuartal I, Bos Antam: Kinerja Masih Oke

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
21 March 2019 12:30
Tersandung Harga di Kuartal I, Bos Antam: Kinerja Masih Oke
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) membukukan kinerja fantastis di tahun lalu. Laba bersih perusahaan tumbuh lima kali lipat lebih atau mencapai 540,57% secara year on year (YoY) menjadi Rp 874,42 miliar.



Tapi, bagaimana dengan kuartal I 2019 ini?


Direktur Utama Antam Arie Prabowo Ariotedjo mengatakan, dari segi produksi, sampai saat ini kinerja perusahaan sudah berjalan sesuai dengan yang diproyeksikan. Namun, jika dilihat dari segi harga, ia mengakui memang ada perbedaan dibandingkan dengan tahun lalu.

"Contoh, tahun lalu nikel itu rata-rata harganya di US$ 13.700 per ton, tapi di dua bulan pertama ini hanya sekitar US$ 11.400 per ton, jadi ada penurunan sekitar 17%," ujar Arie dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Kamis (21/3/2019).

Ia pun tidak mengelak bahwa hal tersebut akan memengaruhi pendapatan perusahaan. Namun, karena produksi meningkat, sehingga ia optimistis kinerja masih akan baik.

Adapun, untuk kenaikannya, Arie menilai memang naiknya tidak sama fantastisnya dibanding tahun lalu. Namun, pihaknya tetap optimistis ada pertumbuhan kinerja di akhir tahun.

"Kami sangat optimistis, melihat hari ini juga harga nikel sudah rebound, sekitar US$ 13.000 per ton. Lalu kalau kita juga lihat hasil amatan analis, masa depan harga nikel juga terus naik," pungkasnya.

Saksikan Bos Antam bicara peluang divestasi Vale di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC] (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading