Rights Issue, Lippo Karawaci Raih Setoran Awal Rp 3,9 T

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
21 March 2019 12:36
Rights Issue, Lippo Karawaci Raih Setoran Awal Rp 3,9 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten properti PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) resmi mendapatkan dana setoran awal (advanced subscription) sebesar US$ 280 juta atau sekitar Rp 3,92 triliun dalam bentuk tunai dari pemegang sahamnya yakni PT Inti Anugerah Pratama (IAP) dan anak perusahaan IAP.

Advanced subscription ini merupakan penyetoran modal di muka untuk bagian hak dari IAP dalam penawaran umum terbatas atau rights issue senilai US$ 730 juta atau sekitar Rp 10,22 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$) yang diumumkan Lippo Karawaci pada 12 Maret 2019.

Manajemen Lippo Karawaci dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (21/3/2019), mengatakan jumlah dana yang disetorkan lebih awal tersebut akan dianggap sebagai pembayaran atas persetujuan pemesanan saham LPKR dalam rights ssue.


Adapun harga pelaksanaan yang sama seperti hak yang akan diberikan untuk semua pemegang saham yakni Rp 235/saham.


"Jumlah dana yang disetor lebih awal ini tidak dikenakan bunga dan tidak dapat di bayar kembali dalam bentuk tunai," tulis manajemen LPKR.

Chief Executive Officer LPKR John Riady mengatakan penyelesaian advanced subscription menandai langkah pertama yang penting dari program pendanaan bagi perusahaan.

"Ini akan memperkuat komitmen kami terhadap transformasi strategis LPKR. Dana yang didapat akan digunakan untuk mulai mengoptimalkan neraca dengan memenuhi berbagai kewajiban keuangan jangka pendek perseroan," kata John dalam siaran persnya. 

Dalam informasi pada 12 Maret lalu, LPKR menegaskan akan mendapatkan dana US$ 1,01 miliar atau sekitar Rp 14,14 triliun (asumsi kurs Rp 14.000/US$) dari penerbitan saham baru atau
rights issue dan divestasi aset.

Jumlah tersebut terbagi atas dana yang dihimpun dari
rights issue yang diperkirakan US$ 730 juta dan dari divestasi aset senilai US$ 280 juta. Aksi korporasi ini akan dilaksanakan pada kuartal II atau paling lambat kuartal III-2019.

Pemegang saham pengendali LPKR, IAP yang memiliki saham lebih dari 50% secara langsung dan tidak langsung telah menyampaikan kesanggupannya untuk berpartisipasi dalam aksi ini dan menjadi standby buyer (pembeli siaga) dan melakukan penyetoran awal yang akhirnya direalisasikan hari ini.


Bagaimana masa depan Meikarta? Simak penjelasan John Riady.

[Gambas:Video CNBC]


(tas/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading