Duh, The Fed Sebut Ekonomi AS Akan Melambat di 2019

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
21 March 2019 06:56
Duh, The Fed Sebut Ekonomi AS Akan Melambat di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve memperkirakan ekonomi Negeri Paman Sam akan melambat dengan tajam di 2019 sementara inflasi akan bergerak semakin lemah.

Dalam pernyataan yang dirilis Rabu (20/3/2019) setelah rapat penentuan kebijakan (FOMC) selama dua hari, The Fed memperkirakan ekonomi terbesar di dunia itu hanya akan tumbuh 2,1% tahun ini. Angka tersebut jauh di bawah capaian sekitar 3% tahun lalu.

Meski tetap mengatakan ekonomi AS akan terus tumbuh sehat, bank sentral melihat beberapa risiko mulai membayangi. Belanja rumah tangga dan investasi bisnis di awal tahun ini melambat dan kemungkinan mengindikasikan berakhirnya dorongan pertumbuhan yang dimulai di 2018 setelah pemerintah menerapkan pemotongan pajak dan mendorong belanjanya.


Namun, Gubernur The Fed Jerome Powell menegaskan bahwa ekonomi AS berada di posisi yang baik dan proyeksi ke depan masih positif, dilansir dari Reuters.


Tetap saja ada beberapa risiko yang ia sebut tengah membayangi saat ini, termasuk ketidakpastian Brexit, pembicaraan perdagangan antara AS dan China, serta proyeksi ekonomi AS itu sendiri.

"Data saat ini tidak menunjukkan sinyal bahwa kami perlu untuk bergerak ke satu arah atau lainnya, menurut pandangan saya," ujar Powell. "Ini adalah waktu yang sangat tepat bagi kami untuk bersabar."

Dalam rapat tersebut, The Fed memutuskan untuk menahan bunga acuannya di kisaran 2,25%-2,5%. Selain itu, bank sentral juga memproyeksikan tidak akan ada kenaikan bunga lagi sepanjang tahun ini, jauh berbeda dibandingkan perkiraan dua kali kenaikan lagi yang disampaikan di Desember lalu.

"Saya tidak menyangka mereka akan melakukannya, namun mereka ternyata lebih dovish daripada apa yang diperkirakan sebelumnya," kata Brian Jacobsen, senior investment strategist di Wells Fargo Asset Management, tulis Reuters.

Duh, The Fed Sebut Ekonomi AS Akan Melambat di 2019Foto: Ketua Federal Reserve Board Jerome Powell (REUTERS/Yuri Gripas)

Selain proyeksi pertumbuhan ekonomi, The Fed juga memperkirakan angka pengangguran 2019 ada di kisaran 3,7% atau sedikit lebih tinggi dibandingkan prediksi yang dibuat tiga bulan lalu.

Inflasi tahun ini sekarang diperkirakan berada di 1,8% atau lebih rendah dibandingkan 1,9% yang diproyeksikan di Desember.

"Pertumbuhan aktivitas ekonomi telah melambat dari tingkat solidnya di kuartal keempat," kata The Fed. "Indikator-indikator saat ini menunjukkan pertumbuhan belanja rumah tangga dan investasi bisnis yang lebih lambat di kuartal pertama... inflasi secara keseluruhan telah menurun." (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading