Dapat Prospek Stabil dari Moody's, Ini Respons Bos Lippo

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
15 March 2019 11:08
Dapat Prospek Stabil dari Moody's, Ini Respons Bos Lippo
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) merespons positif langkah Moody's Investors Service (Moody's) menaikkan prospek peringkat perseroan menjadi stabil dari negatif dan mempertahankan peringkat B3. Sementara S&P Global Ratings (S&P) menempatkan peringkat CCC+ atas utang jangka panjang di CreditWatch dengan implikasi positif.

John Riady CEO LPKR mengatakan peningkatan review yang dilakukan perusahaan pemeringkat global tersebut menkonfirmasi ketahanan likuiditas perseroan dan memperkuat neraca.

"Program pendanaan kami, yang akan memperkuat neraca, meningkatkan likuiditas dan memungkinkan Perseroan untuk meneruskan investasi dalam proyek-proyek utama yang sedang berjalan. Ke depan, kami akan fokus untuk menerapkan pengelolaan modal dengan lebih disiplin, untuk mendorong profitabilitas dan pertumbuhan berkelanjutan dari platform real estat kami," kata John dalam rilis yang disampaikan perseroan, Jumat (15/03/2019).


John menambahkan, perubahan dalam prosepek peringkat Moody's mencerminkan ekspektasi lembaga pemeringkat tersebut bahwa LPKR akan memiliki cukup uang tunai untuk mendanai kebutuhan operasional dan memenuhi kewajiban utang hingga akhir tahun 2020.

Perseroan menilai Moody's langkah perseroan melaksanakan rights issue yang dijamin, menunjukkan komitmen kuat dari keluarga Riady untuk mendukung langkah-langkah pengurangan utang dan menyelesaikan proyek-proyek yang sedang dibangun.

Kemarin, Moody's mengeluarkan pernyataan terkait peringkat perusahan yang bertahan pada level B3 dengan outlook stabil dari negatif.

Lembaga rating itu juga mempertahankan rating B3 untuk surat utang tanpa jaminan dari obligasi yang diterbitkan oleh Theta Capital Pte. Ltd, anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Lippo Karawaci. Obligasi tersebut dijamin Lippo Karawaci dan beberapa anak perusahaannya.

"Perubahan prospek peringkat Lippo Karawaci menjadi stabil dari negatif mencerminkan ekspektasi kami bahwa likuiditas pada level perusahaan induk akan meningkat," kata Jacintha Poh, Vice President dan Staf Senior Kredit Moody's.

Peningkatan likuiditas itu, katanya, mengikuti masalah haknya, sehingga Lippo Karawaci akan memiliki uang tunai yang cukup untuk mendanai kebutuhan kas operasi dan melunasi kewajiban utang selama 12-18 bulan ke depan.







(hps/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading