Ekspansi, Blue Bird Beli Shuttle Cititrans Rp 115 M

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
05 March 2019 11:35
PT Citra Tiara Global adalah perseroan terbatas yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat, yang bukan merupakan pihak terafiliasi dengan BIRD.
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten transportasi, PT Blue Bird Tbk (BIRD) mengembangkan melebarkan sayapnya ke bisnisnya shuttle bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Melalui anak usahanya, PT Trans Antar Nusabird membeli shuttle PT Citra Tiara Global dengan merek Cititrans senilai Rp115 miliar dengan menggunakan modal usaha perseroan.

Transaksi tersebut terjadi pada 1 Maret 2019. PT Citra Tiara Global adalah perseroan terbatas yang berkedudukan di Bandung, Jawa Barat, yang bukan merupakan pihak terafiliasi dengan BIRD.

Dalam keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, transaksi tersebut meliputi aset-aset kendaraan, hak kekayaan intelektual, perjanjian-perjanjian dengan pihak ketiga, karyawan kunci dan pengemudi, serta liabilitas.


"Pembelian bisnis ini merupakan milestone penting dalam rencana strategis Blue Bird Group untuk diversifikasi usaha dan membangun keberadaan lebih kuat dalam pasar upper mass," kata Direktur Utama BIRD, Purnono Prawiro, Selasa (5/3/2019).

Dijelaskan Purnomo, transaksi tersebut tidak akan berdampak negatif terhadap kondisi keuangan perusahaan, sebaliknya, transaksi ini akan menunjang kegiatan operasional perusahaan dan Blue Bird Group.

Dari sisi kinerja, melansir data Refinitiv, sepanjang 9 bulan pertama 2018, BIRD membukukan pendapatan senilai Rp 3,11 triliun. Pendapatan operasional BIRD tercatat senilai Rp 418,9 miliar.

Karena masih bisa membukukan pendapatan dari kegiatan operasional, BIRD mampu membukukan laba bersih senilai Rp 334,67 miliar hingga triwulan III-2018.

Kian Ekspansif, Investasi Blue Bird Capai Rp 1 Triliun
[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading