Internasional

Ekonomi AS Berisiko, The Fed Tak Buru-buru Naikkan Suku Bunga

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 February 2019 07:06
Ekonomi AS Berisiko, The Fed Tak Buru-buru Naikkan Suku Bunga
Washington, CNBC Indonesia - Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve tidak terburu-buru dalam membuat penilaian mengenai perubahan suku bunga di masa depan di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi AS yang kemungkinan bisa melambat, kata Gubernur The Fed Jerome Powell di hadapan Senat AS, Selasa (26/2/2019).

Dalam pernyataan selama dua jam di hadapan Komite Perbankan Senat, Powell mengelaborasi sinyal-sinyal yang saling berlawanan yang coba dicerna bank sentral dalam beberapa pekan terakhir, termasuk data penjualan ritel yang mengecewakan dan aspek ekonomi lainnya yang berlawanan dengan kuatnya angka tenaga kerja dan pertumbuhan upah serta rendahnya pengangguran.



"Proyeksi dasarnya masih baik," kata Powell. Namun, pertumbuhan yang lebih lambat di negara lain menjadi risiko ekonomi AS yang kemungkinan akan dirasakan dalam beberapa bulan ke depan, tambahnya, dilansir dari Reuters.


"Kita memiliki faktor-faktor untuk outlook yang baik dan komite (penentuan suku bunga) kami sangat mencermati sinyal-sinyal yang berlawanan ini, risiko, dan untuk saat ini kami akan sabar dalam menentukan kebijakan dan memberi waktu bagi faktor-faktor ini untuk menjadi jelas," tambahnya.

Ekonomi AS Berisiko, The Fed Tak Buru-buru Naikkan Suku BungaFoto: Ketua Dewan Federal Reserve AS Jerome Powell berpartisipasi dalam diskusi Economic Club di Washington, AS, 10 Januari 2019. REUTERS / Jim Young

Pernyataan Powell ini menegaskan perubahan kebijakan The Fed bulan lalu di mana bank sentral memberi sinyal akan menghentikan sementara siklus kenaikan suku bunga yang telah berlangsung selama tiga tahun hingga inflasi atau dinamika pertumbuhan ekonomi berubah.



Setelah empat kali menaikkan bunga acuan di 2018 dan memperkirakan ada kenaikan lanjutan di 2019, The Fed pada Januari lalu mengubah sikapnya menjadi stance yang sabar karena kekhawatiran terkait perekonomian global muncul. Selain itu, pasar juga menyuarakan keraguan mengenai pemulihan ekonomi AS.

Saat ini, suku bunga acuan The Fed berada di kisaran 2,25%-2,5% setelah bank sentral mempertahankannya dalam pertemuan akhir Januari lalu.


Saksikan video mengenai stance kebijakan moneter The Fed berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading