Perhatian! Bali United "Merumput" di BEI pada Mei

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
26 February 2019 12:59
Perhatian! Bali United
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bali Bintang Sejahtera, pemilik klub sepak bola Bali United akan menjadi klub sepak bola Indonesiapertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan akan melepaskan sebanyak 2 miliar saham atau setara dengan 33% saham dengan target dana perolehan senilai Rp 300 miliar.

CEO Bali Bintang Sejahtera Yabes Tanuri mengatakan penawaran umum ini dilakukan atas desakan pendukung Bali United yang ingin klub ini lebih terbuka. Selain itu, perusahaan juga berharap perusahaan menjadi lebih baik dari segi keterbukaan informasi.

"Perusahaan melakukan renovasi berkelanjutan terus menerus, kita juga punya mega store cafe, juga berkembang terus," kata Yohanes di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa (26/2).

Direktur Keuangan perusahaan Yohanes Ade Moniaga mengatakan bahwa perusahaan menargetkan dana hasil penawaran umum yang bisa dikantongi sebesar Rp 300 miliar. Dana tersebut akan digunakan perusahaan untuk investasi seperti perbaikan stadion sebesar 40% dan sisanya untuk modal kerja.


"Time table-nya itu April atau Mei," kata Yohanes di kesempatan yang sama.

Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah Kresna Sekuritas dan Buana Capital Sekuritas. Sementara saat ini saham perusahaan masih akan ditawarkan untuk investor lokal.

Yabes menjelaskan saat ini Bali Bintang Sejahtera selain memiliki klub sepak bola juga memiliki tim e-sport dan play land.

Rencana klub sepak bola masuk BEI baik lewat IPO atau menjajal penerbitan obligasi memang sempat bergulir di pelaku pasar modal dan pengamat sepak bola Tanah Air, di tengah desakan agar klub sepak bola bisa mandiri dan tidak mengandalkan pendanaan semata dari pemerintah daerah.

Bali United merupakan klub sepak bola yang dimiliki oleh pengusaha Pieter Tanuri, pemilik yang sama dengan produsen ban PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA). Situs resminya mengungkapkan, Bali United yang dipimpin oleh Yabes Tanuri ini bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan berkompetisi di Liga 1.

Bali United Football Club adalah klub profesional Indonesia yang didirikan pada 1989, awalnya bernama Putra Samarinda sebelum berganti markas ke Bali dan mengubah namanya menjadi Bali United Pusam pada 2014. Pada periode 2001-2006 Bali United bermain di divisi pertama sebelum promosi ke Liga Super Indonesia. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading