Baru Merger, Danamon & BTPN Diganjar Rating AAA

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 February 2019 15:14
Baru Merger, Danamon & BTPN Diganjar Rating AAA
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan rating AAA kepada dua bank yang Baru-baru ini menjadi penerima penggabungan pascadicaplok asing, yakni PT Bank Tabungan Pensiunan Negara Tbk (BTPN) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

Pemberian rating ini karena kedua bank ini sama-sama memiliki dukungan permodalan yang kuat dari pemegang saham mayoritasnya saat ini. BTPN diperkuat oleh pemegang saham utamanya saat ini yakni Sumitomo Mitsui Banking Corporation (SMBC) dan Bank Danamon memperoleh dukungan dari MUFG Bank.

Analis Pefindo Danan Dito mengatakan dukungan yang diberikan Sumitomo untuk BTPN berupa permodalan dan indikator kualitas aset yang sangat kuat dan posisi pasar yang kuat. Hanya saja peringkat yang diberikan tersebut dibatasi oleh tingkat persaingan yang ketat di industri perbankan.

Posisi peringkat saat ini bisa diturunkan jika ada penurunan dukungan dan kepemilikan atas BTPN yang material oleh Sumitomo.


"Peringkat juga dapat berada dalam tekanan jika ada penurunan yang material atas profil bisnis dan kualitas aset perusahaan," kata Danan, Selasa (19/2).

Selanjutnya untuk profil Bank Danamon, Analis Pefindo Putri Amanda menyebutkan bahwa peringkat yang diperoleh Danamon saat ini mengingat kemampuan perusahaan untuk memenuhi komitmen Keuangan jangka panjang relatif dibanding emiten lainnya di Indonesia adalah superior.

"Namun, peringkat ini dibatasi oleh kualitas Aset yang berada di bawah rata-rata," kata Putri.

Profil ini bisa diturunkan jika ada penurunan dukungan dari pemegang saham mayoritas dan penurunan signifikan atas posisi pasar dan penurunan kinerja keuangan perusahaan, utamanya dalam hal kualitas aset, profitabilitas atau permodalan.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading