Anjlok di Akhir Pekan, Akankah Harga CPO Bangkit Hari Ini?

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
18 February 2019 08:45
Anjlok di Akhir Pekan, Akankah Harga CPO Bangkit Hari Ini?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada penutupan perdagangan akhir pekan lalu (15/2) harga minyak kelapa sawit mentah (CPO) kontrak April di Bursa Derivatif Malaysia anjlok sebesar 1,01% ke posisi MYR 2.254/ton atau setara US$ 552/ton.

Melemahnya harga CPO akhir pekan lalu terjadi setelah sehari sebelumnya (14/2) ditutup menguat sebesar 1,2%.

Selama sepekan, harga CPO telah terpangkas sebesar 0,53% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, harga komoditas agrikultur andalan Indonesia ini masih tercatat naik 6,27%




Turunnya harga minyak kedelai di pasar Chicago pada hari Jumat (14/2) sebesar 0,2% ikut menarik harga CPO ke bawah. Pasalnya, kedua produk tersebut merupakan substitusi satu sama lain, yang saling berkompetisi di pasar minyak nabati dunia.

Namun, surveyor kargo AmSpec Agri Malaysia mencatatkan nilai ekspor minyak sawit Negeri Jiran periode 1-15 Februari meningkat pada kisaran 11,6% - 12,9%. Bila permintaan terus bertambah ditengah produksi yang melambat, maka kelebihan stok minyak nabati yang menggunung di akhir tahun 2018 dapat dikurangi.

Selain itu, harga minyak bumi yang naik lebih dari 2% akhir pekan lalu juga berpotensi menggiring harga CPO lebih tinggi. Sebab, CPO merupakan salah satu bahan baku produksi bahan bakar biodisel.

TIM RISET CNBC INDONESIA



(taa/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading