Karena OPEC, Harga Minyak Melonjak 20% Sejak Awal Tahun

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
15 February 2019 09:35
Karena OPEC, Harga Minyak Melonjak 20% Sejak Awal Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah dunia pada perdagangan Jumat ini (15/2) masih melanjutkan penguatan.

Hingga pukul 08:30 WIB, harga minyak jenis Brent kontrak April naik sebesar 0,63% ke posisi US$ 64,98/barel, setelah kemarin juga menguat 1,51%.

Sementara harga minyak jenis lightsweet (WTI) kontrak Maret juga menguat sebesar 0,68% ke level US$ 54,78/barel, setelah ditutup naik 0,95% pada perdagangan kemarin.


Selama sepekan ini, harga minyak tercatat naik sekitar 4,28% secara point-to-point, sedangkan sejak awal tahun, harga emas hitam masih tercatat naik sekitar 20%.



Harga minyak masih terus didorong oleh pengurangan pasokan minyak dari Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya yang sudah mulai dilakukan sejak Januari lalu.

Sebelumnya, OPEC bersama Rusia dan sekutunya yang lain juga sepakat untuk mengurangi pasokan minyak sebanyak 1,2 juta barel/hari.

Teranyar, Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih mengatakan bahwa Negeri Padang Pasir tersebut akan mengurangi pasokan minyak lebih banyak dari jumlah yang telah disepakati.

Selain itu, meskipun masih jauh dari target, Rusia juga telah mengurangi produksi minyak sekitar 80.000-90.000 barel/hari.

Namun demikian, stok minyak mentah Amerika Serikat yang meningkat pada minggu lalu ke level tertingginya sejak November 2017 membuat pelaku pasar masih khawatir keseimbangan fundamental di pasar minyak dunia tahun ini.

TIM RISET CNBC INDONESIA (taa/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading