Kimia Farma Caplok 57% Saham Phapros dari RNI

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
14 February 2019 19:10
Kimia Farma Caplok 57% Saham Phapros dari RNI
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten farmasi PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bakal mengakuisisi seluruh saham PT Phapros Tbk (PEHA) yang dimiliki oleh PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI).

Pengambilalihan ini dilakukan atas sebanyak 56,77% saham PEHA yang saat ini dimiliki RNI yang otomatis membuat Kimia Farma menjadi pemegang saham pengendali di Phapros. Mengacu data prospektus, kepemilikan 56,77% saham RNI di Phapros per 19 Desember setara dengan 476.901.860 saham.

Dengan asumsi harga rerata harian PEHA saat ini di level Rp 2.169/ saham, maka nilai kepemilikan RNI tersebut mencapai Rp 1,03 triliun. Adapun saham publik di Phapros sebanyak 287,38 juta saham.


Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kimia Farma dan RNI telah menantangani perjanjian jual beli saham bersyarat (conditional sales and purchase agreement) pada 13 Februari 2019.

Tujuan pembelian seluruh saham ini adalah untuk meningkatkan pangsa pasar farmasi Kimia Farma menjadi 6% dan memperkaya portofolio produksi obat yang saat ini belum dimiliki oleh Phapros.

Selain itu, transaksi ini ditujukan dalam rangka pertumbuhan non-organik dari Kimia Farma mengingat pertumbuhan aset dan profitabilitas PEHA. Tujuan lainnya yakni untuk melakukan efisiensi biaya baik biaya pemasaran, penelitian dan pengembangan dengan memanfaatkan kanal distribusi yang dimiliki PEHA.

PEHA telah menjadi perusahaan publik pada Desember 2018 lalu dengan mencatatkan sebanyak 804 juta saham ke publik dengan jumlah saham yang dicatatkan sebanyak 168,04 juta unit saham atau setara dengan kepemilikan 34%.


Simak wawancara dengan Barokah Sri Utami, Direktur Utama PT Phapros Tbk.
[Gambas:Video CNBC] (tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading