OPEC Pangkas Produksi Harga Minyak Kembali Naik

Market - Taufan Adharsyah, CNBC Indonesia
12 February 2019 08:56
OPEC Pangkas Produksi Harga Minyak Kembali Naik
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak mentah pada pagi hari ini (12/2) perlahan mulai naik. Hingga pukul 08:30 WIB, harga minyak jenis Brent kontrak April naik sebesar 0,16% ke posisi US$ 61,61/barel, setelah amblas 0,95% kemarin (11/2).

Sementara harga minyak jenis lightsweet (WTI) kontrak Maret juga menguat sebesar 0,04% ke level US$ 52,43/barel, setelah ditutup melemah 0,57% pada perdagangan kemarin.

Selama sepekan harga minyak tercatat melemah sekitar 1,4% secara point-to-point. Sedangkan sejak awal tahun, harga si emas hitam masih tercatat naik sekitar 15%.




Pergerakan harga minyak masih kuat dipengaruhi oleh rencana OPEC bersama sekutunya untuk memangkas produksi minyak hingga 1,2 juta barel/hari.

Ditambah lagi adanya sanksi AS atas Venezuela dan Iran yang membuat pasokan minyak dari kedua negara tersebut akan terhambat.

Namun pelaku pasar juga masih mengamati perkembangan dari perundingan dagang AS-China yang tengah berlangsung. Kekhawatiran akan kembali panasnya hubungan dagang antara kedua negara membuat pasar masih dihantui turunnya permintaan energi dunia.

TIM RISET CNBC INDONESIA (taa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading