Rupiah Kini Menguat, Tapi Jangan Kasih Kendur!

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
08 February 2019 12:29
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berhasil menguat. Rupiah mampu mentas dari zona merah, yang dihuni sejak sesaat setelah pembukaan pasar. 

Pada Jumat (8/2/2019) pukul 12:02 WIB, US$ 1 dihargai Rp 13.965. Rupiah menguat tipis 0,04% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. 

Kala pembukaan pasar, rupiah stagnan di Rp 13.970/US$. Namun beberapa saat kemudian, rupiah langsung tersungkur ke zona merah dan bertahan sana cukup lama. 



Meski melemah, depresiasi rupiah memang sangat tipis sehingga bisa terangkat kapan saja. Itu terjadi jelang tengah hari, di mana rupiah akhirnya menyentuh zona hijau walau penguatannya juga sangat minim. 

Rupiah akhirnya mampu mengikuti jejak sebagian mata uang utama Asia yang menguat terhadap dolar AS. Selain rupiah, mata uang lain yang menguat adalah dolar Hong Kong, rupee India, yen Jepang, ringgit Malaysia, peso Filipina, dan dolar Taiwan. Sedangkan won Korea Selatan, baht Thailand, dan dolar Singapura masih terjebak di area depresiasi. 

Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 12:06 WIB: 

 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading