Sumitomo Masuk, Saham Blue Bird Melesat 10%

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
07 February 2019 09:35
Sumitomo Masuk, Saham Blue Bird Melesat 10%
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga sahamĀ PT Blue Bird Tbk (BIRD) melambung lebih 10% pada perdagangan pagi ini. Kabar Sumitomo membeli saham BIRD jadi pemicu kenaikan harga saham taksi yang identik dengan warna biru ini.

Hingga 09.26 WIB harga saham BIRD menguat 10,28% ke level Rp 3.110/saham. Volume perdagangan saham mencapai 702,8 ribu saham senilai Rp 2,08 miliar.

PT Blue Bird Tbk diketahui mendapatkan pemegang saham baru, yaitu konglomerasi asal Jepang, yaitu Sumitomo dengan porsi 2%. Hal tersebut tertuang di dalam riset PT Mandiri Sekuritas yang terbit pada 4 Februari, berdasarkan keterangan perseroan dalam Mandiri Investment Forum 2019.



"Sumitomo sudah membeli 2% saham BIRD pada Desember 2018 dan menjadi rekan strategis untuk mendorong jasa mobilitas (mobility service) Blue Bird," tulis analis Mandiri Sekuritas Edbert Surya dalam riset tersebut.

Namun, tidak dijelaskan secara detail dari anak usaha Sumitomo yang menjadi pemegang saham perseroan. Daftar laporan perubahan pemegang saham bulanan BIRD di situs Bursa Efek Indonesia tidak dapat dibuka untuk melakukan pengecekan, meskipun memang perubahan kepemilikan saham di bawah 5% tidak wajib dilaporkan kepada otoritas.

Angka pembelian saham tersebut dapat dihitung secara sederhana dengan mengalikan harga saham dengan jumlah pembelian sahamnya. Menilik harga saham sepanjang Desember maka reratanya akan berada pada level Rp 2.742 dan porsi 2% dari total saham beredar BIRD 2,5 miliar saham setara dengan 50.042.000 saham. Maka, dapat dihitung nilai akuisisi oleh Sumitomo tersebut akan menghasilkan angka di kisaran Rp 137,21 miliar.

Sumitomo Group adalah salah satu konglomerasi usaha (keiretsu) terbesar di Jepang.

Bisnisnya termasuk Mazda Motor Corp, Mitsui Sumitomo Insurance, NEC Corporation, Nippon Sheet Glass Co Ltd, dan memiliki 13% saham tambang tembaga Morenci di Amerika Serikat.

Selain terkait dengan masuknya Sumitomo ke dalam BIRD, Edbert juga menggarisbawahi bahwa saat ini emiten taksi tersebut mendirikan lembaga lelang Balai Lelang Caready bersama dengan Mitsubishi UFJ Lease & Finance dan Takari Kokoh Sejahtera, dan memulai usaha taksi di Jogja pada akhir Januari.

Buka-Bukaan Strategi Bisnis Blue Bird
[Gambas:Video CNBC] (hps/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading