Minat? Sri Mulyani Jual Sukuk Ketengan, Imbal Hasil 8,15%

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
01 February 2019 12:12
Minat? Sri Mulyani Jual Sukuk Ketengan, Imbal Hasil 8,15%
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan kembali memasarkan instrumen surat berharga syariah negara (SBN) jenis sukuk negara tabungan seri ST-003, Jumat (1/2/2019).

Periode pemesanan surat utang "ketengan" ini akan berlangsung pada hari ini hingga 20 Februari 2019 mendatang, dan dapat dipesan melalui 12 mitra distribusi pemerintah.



Para investor yang ingin berinvestasi bahkan tak perlu mendatangi kantor cabang mitra distribusi lantaran pemesanan instrumen ini bisa dilakukan secara online.


Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman mengemukakan pemerintah menargetkan Rp 2 triliun dari penerbitan instrumen ini.

"Target indikator Rp 2 triliun," ungkap Luky, Jumat (1/2/2019).

Adapun imbal hasil yang ditawarkan ST-003 pada periode pertama - 27 Februari sampai 10 Mei - adalah 8,15%. Pemesananan minimum mencapai Rp 1 juta, dan maksimal Rp 3 juta.

Luky mengatakan penerbitan ST-003 merupakan bagian dari upaya pemerintah meningkatkan basis investor dalam negeri sehingga tidak terlalu bergantung pada investor asing.

Adapun 12 mitra pemerintah terdiri dari tujuh bank yakni Bank Central Asia, Bank Negara Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia, Bank Tabungan Negara, dan Bank Mandiri Syariah.



Kemudian, melalui perusahaan sekuritas yakni Trimegah Sekuritas Indonesia atau perusahaan efek khusus seperti Bareksa Portal Investasi dan Star Mercato Capitale.

Instrumen tersebut bahkan bisa dipesan melalui perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending, yakni Investree Radhika Jaya dan Mitrausaha Indonesia Group atau Modalku. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading