Banyak Warna Sentimen, Bursa Eropa Bingung Tentukan Arah

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
01 February 2019 06:47
Banyak Warna Sentimen, Bursa Eropa Bingung Tentukan Arah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa ditutup bervariasi, Kamis (31/1/2019), di tengah terpukulnya saham-saham perbankan, rilis kinerja keuangan beberapa emiten, dan kekhawatiran terkait kondisi pertumbuhan ekonomi.

Indeks FTSE 100 di London menguat 0,39%, indeks DAX di Frankfurt melemah tipis 0,08%, sementara indeks CAC 40 di Paris bertambah 0,36%.



Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup stagnan dengan berbagai bursa dan sektor berada di arah yang berbeda. Perbankan menjadi sektor dengan kinerja terburuk hari Kamis dengan catatan penurunan hingga 2% setelah saham Metro Bank anjlok 11%, CNBC International melaporkan.


Saham Metro Bank anjlok setelah munculnya laporan kesalahan akuntansi yang dilakukan bank Inggris tersebut.

Kabar lainnya yang membebani sektor perbankan adalah potensi merger antara Deutsche Bank dengan rivalnya Commerzbank di pertengahan 2019 bila proses retrukturisasi Deutsche gagal mencapai target. Saham bank asal Jerman itu jatuh masing-masing 4% dan 7%.



Sektor migas memimpin penguatan setelah emitennya merilis kinerja yang memuaskan. Shell mencatatkan kenaikan hampir 4% setelah mengumumkan laba tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Sementara itu, kabar pertumbuhan ekonomi zona euro menjadi perhatian pasar. Uni Eropa mencatatkan pertumbuhan 0,2% di kuartal ini dan 1,8% di sepanjang 2018. Ini berarti zona tersebut mencatatkan pertumbuhan kuartalan terlemah dalam empat tahun terakhir. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading